Breaking News

Kepala KUA Karimun Nyaris Jadi Korban Kapal Terbakar

0 0

RADIOAZAM.ID – Terbakarnya kapal penumpang KM Karomah 2 di perairan Parit IV Kecamatan Karimun, pada Sabtu siang (26/10), nyaris menewaskan pejabat penting di Karimun.

Betapa tidak, dari 25 penumpang yang ada didalamnya, terdapat seorang Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karimun, Mukhlis. Para penumpang panik saat api mulai berkobar.

Mukhlis menceritakan, ia menaiki kapal KM Karomah 2 dari pelabuhan KPK Pulau Karimun tujuan Pulau Buru pada pukul 13.50 WIB, dengan maksud ingin menghadiri undangan pesta pernikahan. Namun ditengah pelayaran atau sekitar 20 menit setelah lepas tali, ternyata ada asap mengepul dari kamar mesin kapal.

Posisi duduk Muklis tepat di belakang nakhoda, atau dibawa tempatnya duduk merupakan kamar mesin. Sehingga dia tidak tahu persis apa yang terjadi karena tidak dapat melihat kebawah. Tapi penumpang bagian belakang kapal mulai panik dan berlaian menuju bagian depan.

Anak Buah Kapal (ABK) sempat menyemprotkan racun api pada bagian kamar mesin yang terbakar, tapi api semakin membesar dan mengeluarkan asap tebal.

“Penumpang bagian depan kapal tidak ada yang tahu kalau kamar mesin sudah terbakar. Setelah penumpang bagian belakang buru-buru menuju bagian depan, barulah pada histeris dan panik,” cerita Muklis.

Sewaktu situasi sedang panik, tidak ada penumpang yang terjun ke laut. Karena ketika api mulai membesar, satu unit kapal kayu mendekat dan melakukan evakuasi terhadap seluruh penumpang. Sehingga tidak ada korban jiwa.

“Tapi nakhoda kapal tampaknya stres, dia sempat membantu mengevakuasi penumpang yang dipindahkan dari KM Karomah 2 yang terbakar, ke kapal kayu yang datang membantu. Saat proses evakuasi dilakukan, sang nakhoda tercebur ke laut, dia meratapi kapal yang terbakar itu dan tak banyak bicara,” cerita Muklis lagi.

Setelah dievakuasi, para penumpang yang dievakuasi diangkut menuju Pelabuhan Pangkalan Balai Kecamatan Buru. Sedangkan kapal yang terbakar itu berangsur ludes karena berbahan kayu sehingga dengan cepat tanpa bekas.

“Kapalnya dibiarkan terbakar begitu saja, tidak ada petugas atau pihak yang datang memadamkan. Artinya hangus begitu saja saat hanyut. Mau di tarik menggunakan tali takut nanti merembet pada kapal yang mengevakuasi kami,” terangnya.

Mukhlis tidak mengetahui persis penyebab dari kebakaran terhadap kapal KM Karomah 2 itu. Ia mengaku bersyukur dapat selamat dari musibah kebakaran terhadap kapal laut yang ditumpanginya itu.

Diberitakan sebelumnya, satu unit kapal penumpang bernama KM Karomah 2 terbakar di perairan Parit IV pada Sabtu siang sekira pukul 14.15 WIB. Kapal tersebut mengangkut 25 penumpang, yang berangkat dari pelabuhan KPK Pulau Karimun tujuan Pulau Buru. Tidak ada korban dalam peristiwa itu karena semuanya berhasil di evakuasi.

Kapolsek Buru, Iptu Bakri saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Ia mengatakan, seluruh penumpang berjumlah 25 orang dan kesemuanya berhasil diselamatkan.

“Kapal KM Karomah 2 terbakar pada bagian mesin, api semakin membesar dan membakar semua bagian
kapal yang terbuat dari kayu,” jelas Bakri.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *