KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kesadaran Masyarakat Karimun Dinilai Makin Rendah Dalam Menjaga Protokol Kesehatan, Bupati Siapkan Perbup Untuk Memberikan Sanksi

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun tengah mempersiapkan aturan dan sanksi bargi warga yang tak taati ketentuan protokol kesehatan.

Hal itu disebutkan Bupati Karimun Aunur Rafiq, seraya mengaku semakin rendahnya kesadaran masyarakat Kabupaten Karimun, dalam menaati protokol kesehatan.

“Kami sedang membuat Peraturan Bupati (Perbup) dan tengah dikonsep di Bagian Hukum dalam menetapkan sanksi. Ini memang perlu kehati-hatian jangan sampai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), atau jangan sampai melanggar aturan yang lebih tinggi,” ujar Rafiq, Selasa (7/7).

Beberapa sanksi fisik kata Rafiq, kemungkinan akan diberikan bagi yang melanggar aturan protokol kesehatan, seperti bersih-bersih atau menyapu jalan dan sebagainya.

Dalam melahirkan Perbup, tidak semudah yang dibayangkan dan perlu konsultasi ke beberapa pihak, mulai dari Kemenkumham sampai kepada konsultasi publik.

“Saya sadar dan kita semua tahu, ketika Kabupaten Karimun ditetapkan jadi zona hijau, tingkat kesadaran masyarakt jauh menurun dan kita dapat melihat itu,” ungkapnya.

Hal itu dapat ditemui dengan sangat mudah, seperti di titik keramaian kedai kopi, rumah makan dan lainnya.

Bahkan lanjut Rafiq, ada yang punya masker tapi tak digunakan, handsanitizer atau fasilitas cuci tangan sudah disediakan, tapi tak dimanfaatkan. Sehingga itu menjadi poin baginya untuk mengajak bersama-sama bergerak, dalam mengajak tetap jaga protokol kesehatan.

“walaupun memang kondisi Kabupaten Karimun ini sangat kondusif, tapi protokol kesehatan wajib dijalankan. Memang sudah puas kita sosialisasi, tapi ya namanya prilaku masyarkat kata orang Melayu bebuih dah, tapi memang kita tidak boleh berhenti dan tak boleh bosan,” ungkapnya.

Saat ini lanjut Rafiq, Perbup yang akan diterbitkan soal sanksi pelanggaran protokol kesehatan masih dalam proses.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close