KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Ketua KPU Karimun Lebih Dulu Dipanggil Bawaslu, Terkait Video Calon Wabup Bersinar Yang Sebut Nama Eko

RADIOAZAM.ID – Sebelum memanggil calon Wakil Bupati pasangan nomor urut 2, Anwar Abubakar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun rupanya telah lebih dulu memanggil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko untuk dimintai keterangan, pada Minggu siang (6/12).

Pemanggilan itu terkait beredarnya video pasangan calon Wakil Bupati dari Bersinar (jargon dari pasangan nomor urut 2) bernama Anwar Abubakar, yang menyatakan Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengaku Bersinar lebih baik dibandingkan tak tentu arah.

Pernyataan itu kemudian dilaporkan oleh masyarakat ke Bawaslu pada Jumat kemarin (4/12). Sehingga Bawaslu Kabupaten Karimun mulai mengusut kasus tersebut.

“Saya sudah diperiksa Minggu kemarin (6/12) sejak pukul 14.00 WIB sampai sore sekitar pukul 17.00 WIB. Yang mem BAP adalah Ketua Divisi Pelanggaran Pilkada Bawaslu Kabupaten Karimun, Tiuridah Silitonga,” jelas Eko, Senin (7/12).

Disinggung lamanya waktu pemeriksaan terhadap dirinya, Eko mengaku durasi tiga jam itu sekalian silaturahmi bersama komisioner Bawaslu Kabupaten Karimun.

Pertanyaan yang disampaikan Bawaslu lanjut Eko, seputar video dari calon Wakil Bupati nomor urut 2, Anwar Abubakar, yang menyebut namanya.

Eko juga menyebutkan dirinya tidak pernah bertemu dengan Anwar Abubakar diluar acara resmi KPU. Sehingga dia membantah jika dikatikan dalam video yang beredar berdurasi 24 detik itu.

“Saya tidak pernah berjumpa sama Anwar Abubakar, kecuali saat kegiatan resmi KPU seperti debat kandidat. Saya kan penyelenggaran Pemilu, tidak mungkin saya menyampaikan hal seperti itu sebagaimana yang disebutkan Anwar Abubakar didalam video yang beredar,” jelas Eko.

Dia mengaku menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada Bawaslu Kabupaten Karimun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko membantah pernyataan dari pasangan calon Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Anwar Abubakar, yang menyeret nama ketua penyelenggara Pemilu itu didalam sebuah atau pertemuan Bersinar (jargon dari paslon nomor urut 2).

Sebagaimana video berdurasi 24 detik beredar, didalam video itu calon Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Anwar Abubakar menyebutkan, bahwa Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menilai pasangan calon Bersinar luar biasa di posisi saat ini.

“Pernyataan itu hoax, tidak benar saya ngomong seperti itu. Saya ini kan penyelenggara pemilu,” ujar Eko, Jumat malam (4/12).

Dalam kesempatan itu Eko mengaku sudah mencoba menghubungi nomor ponsel Anwar Abubakar, untuk meminta segera mengklatifikasi, namun Anwar Abubakar tidak merespon telepon dari Ketua KPU Kabupaten Karimun. Begitupun pesan singkat dari Whatsapp yang disampaikan, tak pernah dibalas.

Eko menjelaskan, dia sudah melihat langsung bukti video sebagaimana pernyataan dari Anwar Abubakar, yang menyebut namanya dalam suatu pertemuan.

“Saya sudah melihat dan mendengar videonya, tidak mungkin saya berbicara seperti itu. Itu fitnah, bohong,” tegas Eko lagi.

Padahal lanjut Eko, persoalan itu harus segera di klarifikasi. Karena tidak sepantasnya apa yang disampaikan Anwar Abubakar menyebut namanya dalam keperluan sosialisasi paslon.

“Ini bukan main-main bukan canda-candaan. Kalau seperti ini kan menyangkut kredibilitas saya sebagai penyelenggara Pemilu. Sehingga saya dikira tidak netral dan tidak berintegritas, akan saya tindaklanjuti terus itu, saya tidak akan tinggal diam,” ungkapnya.

Atas hal itu, kemudian Bawaslu Kabupaten Karimun telah memanggil Anwar Abubakar selaku orang yang menyebut nama Ketua KPU Kabupaten Karimun dalam pertemuan di posko pemenangan Bersinar. Pasangan Iskandarsyah itu datang ke Kantor Bawaslu Kabupaten Karimun pada Senin pagi (7/12) sekitar pukul 10.30 WIB dan baru keluar sekitar pukul 12.20 WIB.

Namun Anwar Abubakar lebih memilih tutup mulut saat ditemui awak media. Dan menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu Kabupaten Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close