KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Ketua KPU Karimun: Orang Gangguan Jiwa Boleh Gunakan Hak Pilih Saat Pilkada Serentak

RADIOAZAM.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun tetap mendata, dan akan memasukkan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sebagai calon pemilih yang boleh menggunakan hak pilih, dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Karimun.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menyebutkan, pada saat tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) dilakukan, ODGJ tetap didata sebagai calon pemilih.

“Jadi orang yang gangguan jiwa diperoleh saat tahapan coklit dilakukan. Bahkan petugas di lapangan juga mencari sumber informasi yang valid mulai dari pihak keluarga, RT dan RW setempat mengenai warga yang gangguan jiwa yang didata,” ungkap Eko kepada wartawan, Senin sore (24/8).

Coklit yang dilakukan terhadap orang yang mengalami gangguan jiwa, juga pernah dilakukan sebagaimana tahapan Pemilu tahun 2019 lalu, yang mengikutsertakan terhadap ODGJ untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kita juga melibatkan tim medis untuk melakukan pemeriksaan tingkat gangguan jiwa yang dialami ODGJ. Mulai dari gangguang jiwa kategori tingkatan tinggi, sedang atau rendah,” ungkapnya.

Namun Eko tidak ingat berapa jumlah warga gangguan jiwa, yang didata dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2019 lalu. Dimana nantinya akan dijadikan pembanding jumlah ODGJ yang gunakan hak pilih, antara Pemilu 2019 dengan Pilkada tahun 2020 ini.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close