KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun Canangkan Bukit Sidomulyo Kecamatan Karimun Sebagai Kampung Pancasila

RADIOAZAM.ID – Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun menetapkan Bukit Sidomulyo sebagai Kampung Pancasila di Kabupaten Karimun, tepatnya berada di RW 004 Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun.

Pencanangannya telah dilakukan oleh Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun, Letkol Inf Agus Redianto, dalam hal ini diwakili oleh Kasdim 0317 Tanjungbalai Karimun, Mayor Inf J. Siahaan, Selasa (8/3/2022).

Kampung Pancasila menurut Siahaan, diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dan seluruh daerah di Indonesia memiliki Kampung Pancasila.

Siahaan juga mengatakan, urgensi dari Kampung Pancasila adalah agar generasi muda lebih mengetahui dan memahami, tentang pancasila dan mempertahankan seni budaya yang ada pada lingkungan tempat tinggal, dalam hal ini di Bukit Sidomulyo Kelurahan Tanjungbalai.

“Harapan kita tidak hanya sebatas dijadikan sebagai Kampung Pancasila, tapi lebih dari itu yakni bagaimana pengamalan pancasila dapat diterapkan dalam bermasayarakat dan bernegara,” harap Siahaan.

Lurah Tanjungbalai, Azrizal juga menyampaikan hal yang sama. Menurut Azrizal, dengan adanya Kampung Pancasila di wilayah teritorialnya itu, diharapkan agar masyarakat dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila.

“Cukup banyak nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila, jika diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, insyaallah tidak akan ada yang namanya pertikaian atau berselisih, karena rasa kebersamaan dan persatuan sebagai bagian dari inti pancasila, telah melekat dalam diri,” ujar Azrizal.

Azrizal juga berharap, agar di semua Kecamatan memiliki Kampung Pancasila, sehingga rasa kebersamaan dan nilai toleransi akan lebih melekat dan dapat dirasakan manfaatnya.

Sementara itu, Ketua RT 003 RW 004, Mahendra mengatakan, mewakili masyarakat di lingkungan RT 003 RW 004 yang telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, berharap dapat menjadikan hal tersebut sebagia motivasi bagi masyarakat, terutama juga bagi para pemuda ataupun pelajar.

“Pencanangan Kampung Pancasila ini hendaknya dapat dijadikan sebagai motivasi bagi kita semua, termasuk para generasi muda. Memaknai panvasila bukan sekedar hapal kelima sila yang ada, tapi bagaimana kita mengamalkan dalam kebersamaan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap Mahendra.

Kampung Pancasila di Bukit Sidomulyo yang masih satu lingkungan dengan komplek Yayasan Darul Mukmin, tempat dimana Radio Azam berkantor, memiliki berbagai macam budaya dan kearifan lokal yang dilestarikan oleh masyarakat. Mulai dari kesenian Reog Ponorogo, Rumah Tahfizh, Petani Muda CCN, Paguyuban, kelompok pengajian, kepemudaan dan banyak lagi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close