KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

KPU Karimun Gandeng Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid, Saat Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Yang Mendampingi Calon Wajib Kenakan Tanda Penegnal Dari KPU

RADIOAZAM.ID – Kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun dalam tahapan pendaftaran calon kepala daerah dinilai sudah 100 persen. Dimana tahapan penaftaran sudah akan dimulai pada Jumat (4/9) hingga tiga hari kedepan atau sampai Minggu (6/9).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, untuk menghindari adanya pelanggaran protokol kesehatan, pihaknya bekerjasama dengan tim gugus tugas penanggulangan dan penanganan Covid 19 Kabupaten Karimun. Sehingga setiap pasangan calon dan massa yang hadir, akan dilakukan pengecekan suhu dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Bahkan ketika ditemukan adanya pelanggaran, maka tim gugus tugas yang akan menegur langsung di lokasi.

“Semua pasangan calon dan massa akan diberlakukan sama. Yang perlu diperhatikan adalah, setiap pasagan calon hanya boleh membawa massa sebanyak 50 orang maksimal. Maka silahkan berembuk untuk menentuka siapa saja 50 orang yang boleh datang. Selebihnya ya mohon tunggu diluar areal gedung KPU kalau memang yang hadir lebih dari angka maksimal itu,” kata Eko saat ditemui, Kamis (3/9).

Oleh karena itu, setiap siapapun yang datang wajib mengenakan tanda pengenal dari KPU. Sehingga jika ada yang tidak mengenakan tanda pengenal namun memaksa untuk tetap masuk, maka akan berurusan dengan pihak keamanan.

Selain itu, yang boleh masuk kedalam ruangan pendaftaran hanya pasangan calon, LO dan dua orang pengurus partai pengusung dalam hal ini Ketua dan Sekretari. Artinya, jika ada tujuh partai pengusung, maka hanya ada 14 orang yang boleh menadmpingi masuk kedalam ruangan.

Eko menjelaskan, persiapan terakhir yang telah dilakukan KPU berupa simulasi dan sosialisasi pendaftaran calon kepala daerah, yang digelar pada Rabu kemarin (2/9) di halama Kantor KPU Jalan Poros. Dengan dihadiri berbagai pihak, termasuk partai politik dan pemerintah daerah.

Sedangkan teknis kedatangan di gedung KPU, pasangan calon kepala daerah saat baru tiba akan diarahkan untuk memeriksa suhu dan kelengkapan lainnya. Sedangkan kendaraan pengantar atau mobil iring-iringan akan diarahkan untuk putar balik, lalu parkirkan kendaraan di tanah kosong persis belakang geudung KPU.

“Dari hasil konfirmasi terakhir kami siang ini, pasangan yang akan mendaftar lebih dulu adalah Iskandarsyah dan Anwar Abubaka sekitar pukul 09.30 WIB, lalu dilanjtukan pasangan Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim pada pukul 13.30 WIB,” jelas Eko.

Pantauan di gedung KPU, belasan personil kepolisian dari Polres Karimu disiagakan dalam melakukan pengamanan rutin, kemudian akan ada personil tambahan yang dikerahkan Polres Karimun pada saat pendaftaran. Selanjutnya, di sisi kiri dan kanan disediakan tenda kerucut sebagai tempat buku tamu, lalu di teras Gedung KPU disediakan bangku tempat pengantar calon kepala daerah menunggu saat tidak dibenarkan ikut masuk kedalam ruangan.

Sarana pencuci tangan disediakan di berbagai titik areal kantor KPU karimun, juga dilengkapi dengan handsanitizer pada beberapa sudut ruangan gedung.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close