Breaking News

KPU Karimun Lanjutkan Tahapan Pilkada Yang Sempat Tertunda

0 0

RADIOAZAM.ID – Setelah tahapan pelaksanaan Pilkada serentak sempat dihentikan sementara, karena wabah covid 19, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun kembali melanjutkan tahapan yang sempat tertunda.

Kelanjutan tahapan tersebut ditandai dengan digelarnya Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020, tentang tahapan, program dan dadwal pemilihan serentak tahun 2020, yang dilaksanakan di Hotel Aston Karimun, Selasa (23/6).

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menjelaskan, PKPU nomor 5 tahun 2020 merupakan acuan bersama dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

“PKPU ini perlu disosialisasikan untuk dilaksanakan, karena adanya penghentian sementara tahapan Pilkada, akibat dari dampak Covid-19,” ungkap Eko.

Terbitnya PKPU nomor 5 tahun 2020 sebagai pengganti atau perubahan terhadap PKPU nomo 15 tahun 2019. Sehingga ada terjadi perubahan jadwal tahapan dan teknis pelaksanaan Pilkada serentak.

Beberapa perubahan menurut Eko, seperti adanya penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang sebelumnya telah ditetapkan sebanyak 445 TPS se Kabupaten Karimun dalam Pilkada serentak tahun ini, namun terjadi penambahan sehingga total mencapai 557 TPS.

Perubahan yang terjadi juga terhadap protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid 19.

Agenda dalam waktu dekat atau dimulai hari ini, Rabu (24/6), KPU Kabupaten Karimun akan mulai melakukan pemuktahiran data pemilih, yang diawali dengan pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Yang akan bertugas mencocokkan data pemilih tahun 2020.

“Ditargetkan akhir Agustus sudah selesai rekap data pemilih,” pungkas Eko.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *