KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Lanal Karimun Dapat Bantuan Kapal Patroli KAL Pelawan

Aunur Rafiq Minta Perkuat Keamanan Laut Wilayah Barat

RADIOAZAM.ID – Lanal Tanjungbalai Karimun memperkuat pertahanan laut, dengan menerima bantuan kapal patroli bernama KAL Pelawan. Nama KAL Pelawan sendiri diambil dari nama salah satu pantai di Kabupaten Karimun, yakni Pantai Pelawan di Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat.

Bantuan kapal tersebut bersumber dari Mabes TNI AL untuk Lanal Tanjungbalai Karimun dalam memperkuat keamanan laut.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol (P) Mandri Kartono menyebutkan, jenis kapal patroli yang memiliki panjang 28 meter itu siap mengamankan wilayah perairan NKIR. Nantinya akan bersinergi dengan pengamanan laut dari instnasi lain, sehingga menjadi satu kesatuan sebuah keluarga yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi wilayah Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Karimun tentunya.

Mandri juga menyebutkan spesifikasi KAL Pelawan, yakni pemiliki panjang adalah 28 meter dengan lebar enam meter, memiliki kecepatan 30 knot, dilengkapi tiga meriam, dua jenis diantaranya meriam kaliber 12,7 MM dan satu meriam kaliber 20 MM. Nantinya akan ada 15 personil yang bertugas diatas kapal tersebut.

“Kami akan bersinergi dengan TNI AD dan Polri serta aparat hukum lainya. Dengan target mengamankan laut kita, tentunya kepada para pelaku illegal di laut, kalian bisa lari tapi tidak bisa sembunyi dari aparat penegak hukum,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam syukuran pemakaian KAL Pelawan itu mengaku, sangat berterimakasih dan bersyukur

“Nama KAL Pelawan diambil dari nama Pantai di Kabupaten Karimun yang strategis di wilayah barat. Yang memang wilayah barat ini jarang tersentuh oleh patroli,” ungkap Rafiq.

Dengan adanya KAL Pelawan, Rafiq mengaku kekuatan dan pertahanan laut Indonesia khususnya di Kabupaten karimun semakin bertambah.

“Dengan adanya KAL Pelawan ini TNI AL khususnya Lanal Tanjungbalai Karimun dapat memberikan suasana yang kondusif di perairan Kabupaten Karimun,” ungkap Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close