KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Lolos Sebagai CPNS di Karimun, Dua Peserta Ini Malah Pilih Mengundurkan Diri

RADIOAZAM.ID – Setelah diumumkan lolos seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Karimun, dua orang peserta yang tinggal menunggu Nomor Induk Kepegawaian (NIP) tiba-tiba mundur, padahal tinggal berdinas dari formasi yang dilamarnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, MS Sudarmadi mengatakan, tidak diketahui persis alasan dua peserta yang lolos tes CPNS itu mundur dari formasi yang telah diikutinya, padahal sudah jelas pengumuman dan kedua pelamar itu dinyatakan sebagai PNS, hanya tinggal menunggu NIP yang telah diusulkan dan segera keluar untuk dapat digunakan dalam bernidas pada formasi yang telah dilamarnya.

“Formasi yang dilamar dari dua peserta yang lolos CPNS itu adalah Dokter, untuk penempatan di Desa Niur Permai Kecamatan Moro, dan satu peserta lagi adalah guru yang ditempatkan di Kecamatan Belat. Namun dua peserta lolos itu mundur, tidak dapat diketahui kenapa dua orang ini mundur. Sehingga formasi tersebut pun terjadi kekosongan,” kata Sudarmadi, Rabu (25/11).

Padahal lanjut Sudarmadi, pengumuman kelulusan CPSN telah disampaikan pada 30 Oktober kemarin. Ketika peserta yang lolos seleksi tersebut mengundurkan diri, sejatinya memang dapat digantikan oleh peserta nilai tertinggi kedua atau, yang berada tepat dibawah nila peserta yang mengundurkan diri itu.

“Hal itu tertuang didalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Namun dalam tahapan mencari pengganti, hanya satu saja yang berhasil dicari, dan satunya lagi sudah melewati masa pengajuan dan tidak dapat lagi terisi formasi yang ada,” tambah Sudarmadi.

Dijelaskan Sudarmadi, dari 122 formasi yang dibuka hanya 116 yang terisi. Hal itu dikarenakan tidak adanya pelamar yang berminat untuk lima formasi, sementara didapati satu peserta mundur.

“Desember nanti semua peserta yang lolos tes CPNS sudah menerima NIP,” ujarnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close