Breaking News

Masyarakat di Sememal Kesulitan Air Bersih Meski Tinggal di Sumber Mata Air Pegunungan, Nyimas Novi Pastikan Bantu Bangun Dam

0 0

 

RADIOAZAM.ID – Masyarakat di Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, tepatnya di RT 001 RW 001 mengalami kesulitan air bersih jika dalam kondisi kemarau, padahal tinggal di kawasan mata air pegunungan.

Hal itu disampaikan salah seorang warga bernama Hamzah, saat menghadiri reses kedua tahun 2023 yang digelar anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani, Kamis siang (6/7/2023).

“Meski ada mata air daru gunung disini, tapi kami tidak punga dam padahal saluran airnya sudah ada. Jadi kalau kalau musim kemarau air tidak mengalir ke rumah-rumah,” ujar Hamzah.

Untuk menyiasati keperluan air kata Hamzah, warga terpaksa menunggu malam hari untuk menampung air, karena kalau siang hari air tidak mengalir lantaran tidak ada dam.

“Ada lebih dari 40 Kepala Keluarga (KK) yang merasakan kesulitan air bersih kalau musim kemarau, kalau dijumlahkan ada sekitar 200 lebih jiwa yang memang kesulitan air bersih disini,” ungkapnya.

Dana yang dibutuhkan untuk membuat dam air hanya sekitar Rp5000.000, besaran anggaran tersebut akan dibuat secukupnya dana, yang terpenting sumber mata air punya dam sehingga saat musim kemarau warga tidak lagi kesulitan air bersih.

“Untuk saat ini jaringan pipa sudah ada, hanya dam yang belum ada. Jadi dengan dana segitu akan kami buatkan secukupnya untuk membangun dam air,” sebut Hamzah.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengak akan membantu membangunkan dam bagi keperluan warga di RT 001 RW 001 Sememal Kelurahan Pasir Panjang.

“Akan saya tindaklanjuti secepatnya. Realisasinya insyaallah tidak perlu menunggu berlama-lama dana pemerintah, nanti akan menggunakan anggaran pribadi saya, karena ini masih terjangkau,” kata Nyimas Novi.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kabupaten Karimun ini juga mengatakan, persoalan tersebut sejatinya harus menjadi catatan dari pemerintah daerah untuk masyarakat.

Menurut Nyimas Novi, memang sumber air warga Sememal khusus di RT 001 RW 001 Kelurahan Pasir Panjang, berasal dari pegunungan dan kendala yang dihadapi adalah pendistribusian ke rumah masyarakat.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *