KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Masyarakat Kelurahan Harjosari Diberikan Pemahaman Hukum, Kerjasama Dengan LBH Pilar Keadilan

RADIOAZAM.ID – Masyarakat di Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing diberikan penyuluhan hukum, yang bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pilar Keadilan pada Jumat pekan lalu (22/7/2022), dipusatkan di Gedung Pertemuan Kantor Lurah Harjosari.

Dalam kesempatan itu, Lurah Harjiosari, Faisal Nugraha mengucapkan terimakasih kepada LBH Pilar Keadilan, yang telah memberikan pemahaman hukum bagi masyarakat secara gratis. Sehingga warga setempat paham tentang hukum, yang mana negara Indonesia adalah negara hukum.

“Melalui penyuluhan hukum yang telah diikuti, kami berharap agar masyarakat betul-betul menanamkan nilai hukum pada diri sendiri, sehingga setiap ada persoalan tidak semuanya diselesaikan dalam proses hukum. Mungkin ketika mereka sudah mengethaui dasar-dasar hukumnya, maka bisa menyelesaikan masalah secara musyawarah dan mufakat,” kata Faisal.

Kegiatan tersebut diutamakan bagi Ketua RT dan RW, pemuda, ibu-ibu rumah tangga, perwakilan masyarakat di setiap RT. Yang nantinya akan jadi perwakilan untuk menyebarluaskan pemahaman yang telah didapat.

“Ini merupakan penyuluhan hukum untuk yang kedua, setelah tahun lalu juga pernah dilaksanakan kegiatan serupa. Semoga hukum bisa berjalan dengan baik di Kelurahan Harjosari ini, sehingga masyarakatnya sadar akan hukum,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LBH Pilar Keadilan, DP Agus Rosita menjelaskan, penyuluhan atau sosialisasi hukum yang digelar oleh LBH Pilar Keadilan memang rutin dilakukan, secara berkelanjutan di banyak titik se Kabupaten Karimun.

“Ini adalah penyuluhan kedua yang pernah kami gelar setelah LBH Pilar Keadilan berdiri sejak tahun 2015 dan terakreditasi tahun 2018. Alhamdulillah kami dipercaya masyarakat di Kabuapten Karimun dalam hal ini baik perangkat RT dan RW, Kecamatan maupun Kelurahan, untuk menggelar penyuluhan ataupun pemberdayaan masyarakat tentang hukum,” ujarnya.

Dia berharap, melalui penyuluhan yang dilakukan LBH Pilar Keadilan, agar masyarkat bisa memahami tentang hukum. Sehingga mereka tidak semena-mena dalam setiap masalah yang dihadapi tidak semestinya berujung pada tindakan laporan ke Polisi.

“Selagi masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau di mediasi, melalui masyarakat yang sadar dan taat hukum, maka akan kita jembatani untuk itu,” terang Rosita.

Rosita juga menjelaskan, antusias masyarakat Kelurahan Harjosari sangat tinggi dalam penyuluhan hukum yang dilaksanakan. Dalam kesempatan itu dia juga menginformasikan bagi masyaraka, yang ingin berkonsultasi tentang hukum, dapat menghubungi LBH Pilar Keadilan yang berkantor di Batu Lipai Kelurahan Baran Timur RT 001 RW 004 Kecamatan Meral.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close