KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Mayarakat Karimun Padati Tabligh Akbar di Halaman Masjid Baitul Hikmah Gang Awangnoor, Hadirkan Ustadz Derry Sulaiman Yang Berdakwah Sambil Melantunkan Lagu Religi

RADIOAZAM.ID – Masyarakat Karimun padati Lapangan Masjid Baitul Hikmah Gang Awangnor Kelurahan Baran Barat Kecamatan Meral, dalam kegiatan tabligh akbar yang digelar Pemuda Gang Awangnoor, dengan mendatangkan Ustadz Derry Sulaiman, Senin malam (6/6/2022).

Dalam tabligh akbar tersebut, Ustadz Derry Sulaiman membawakan materi ceramah sembari bernyanyi, dengan membawakan beberapa lagu religi ciptaannya, dia juga mengajak kepada para jamaah yang hadir untuk sama sama bernyanyi. Bahkan mantan gitaris band metal terkenal di Indonesia bernama Betrayer ini, tidak canggung memainkan alat musik gitar dihadapan para jamaah, lagu yang tak asing didengar berjudul Dunia Sementara Akhirat Selamanya membuat seluruh hadirin ikut bernyanyi.

Kegiatan tabligh akbar tersebut merupakan perdana sejak hampir tiga tahun Kabupaten Karimun dilanda Covid-19, segala aktifitas yang berpotensi mengumpulkan massa sudah sangat lama tidak pernah digelar, dan hal itu pula yang menjadi salah satu alasan digelarnya egenda itu.

Tabligh akbar yang diberi tema, Syiar Dalam Sholawat Bersama Ustadz Derry Sulaiman dan Habib Alwi Alathos itu, juga menghadirkan pegulat MMA berasal dari Austria bernama Willhem Ott, yang telah mualaf dan berubah nama menjadi Khalid Wilhem Ott. Ia juga ikut dalam rombongan tabligh bersama Ustadz Derry Sulaiman.

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang turut hadir mengaku kagum dan berterimakasih kepada pemuda Gang Awangnoor, yang dinilai sukses menggelar tabligh akbar tersebut.

“Ini merupakan kegiatan perdana untuk umum setelah Covid-19 mewabah di Kabupaten Karimun. Hampir tiga tahun kita baru bisa laksanakan agenda seperti ini diruang terbuka untuk umum dan tanpa masker. Semoga kedepan Covid tidak ada lagi di Kabupaten Karimun,” harap Rafiq.

Rafiq juga mengajak kepada para jamaah untuk dapat bersama-sama mengambil makna dibalik tabligh akbar yang digelar pemuda Awangnoor, sehingga banyak syiar yang bisa diambil.

“Salah satunya adalah hindari perpecahan dan perkuat ukhuwah. Usai ceramah nanti, mohon kepada ustadz untuk dapat mendoakan Kabupaten Kaimun, agar menajdi daerah yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur,” pintanya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana, Dedeng Suryadi mengatakan, tabligh akbar yang digelar di Gang Awangnoor Kecamatan Meral, digelar sebagai rasya syukur atas lenyapnya wabah Covid-19 di Kabupaten Karimun.

“Melalui tabligh akbar ini agar menjadi salah satu penguatan iman, khususnya bagi para pemuda pemudi dan masyarakat Kabuapten Karimun termasuk warga Gang Awangnoor. Harapannya adalah, melalui sholawat massal dalam majelis ini, semoga keberkahan dan ramhat dari Allah SWT akan selalu kita dapatkan,” ungkap Dedeng.

Dalam kesempatan itu Dedeng juga mengajak kepada para pemuda agar dapat membekali diri, terutama dalam hal ilmu agama, yang akan menjadi pondasi dalam membentengi diri.

“Apa lagi zaman sudah serba canggih sekarang ini, jangan sampai termakan arus globalisasi. Semoga kita semua dapat menghayati dakwa dan sholawat melalui tabligh akbar ini. Sebagai salah satu sarana dalam mempererat persaudaraan menuju kebaikan,” katanya.

Dedeng juga berharap agar kedepan kegaitan serupa dapat terus dilaksanakan di Gang Awangnoor, dengan mendatangkan pendakwah-pendakwah yang mampu memotivasi kaulamuda serta masyarakat Kabupaten Karimun pada umumnya, untuk hidup lebih baik dijalan Allah.

Kegiatan yang digelar oleh pemuda Gang Awangnoor itu disambut baik oleh tokoh masyarakat Meral, Bakri Hasyim yang juga sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Meral. Sehingga dia mengaku sangat mengapresiasi kepada para pemuda pemudi Gang Awangnoor yang dapat menyelenggarakan tabligh akbar tersebut.

“Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kebersamaan dan kekompakan para pemuda, yang kemudian mampu bersinergi bersama orang-orang tua beserta masayrakat. Tanapa ada kebersamaan dan kekompakan, kami yakin kegiatan ini sangat sulit bahkan tidak akan dapat dilaksanakan,” kata Bakri.

Tentunya tabligh akbar yang menghadirkan ustadz Derry Sulaiman bersama Habib Alwi Alathas, diniali sangat penting untuk proses pembinaan bagi para pemuda. Sehingga hal itu dinilai sebagai langkah strategis, dalam menciptakan generasi berkualitas serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkembang lebih positif, dimasa era globalisasi dan informasi tak terbatas saat ini.

Disebutkan Bakri, pemuda Gang Awangnoor telah mampu menunjukkan kemampuannya dalam menggelar agenda besar yang sangat positif, jauh dari perbuatan negatif seperti di kota-kota besar atau hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mudah-mudahan kita semua dapat sama-sama menjaga kekompakan. Mari ambil manfaat dan jadikan tabligh akbar ini sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Karimun, Rocky Marciano Bawole, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Wakapolres Karimun Kompol Saiful Badawi, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan FKPD lainnya.

Tabligh akbar tersebut dimulai sekira pukul 20.45 WIB, dan sekitar pukul 22.40 WIB kegiatan berakhir, sehingga seluruh jamaah membubarkan diri. Sementara Ustadz Derry Sulaiman melanjutkan kegiatannya dengan bersilaturahmi bersama masyarakat, di Cafe Savarazie Coastal Area.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close