Breaking News

Menaker Ida Fauziyah Resmikan BLK Kabupaten Karimun

0 0

RADIOAZAM.ID – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, Ida Fauziyah meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Karimun, di Sungai Bati Kecamatan Tebing, Kamis (11/7/2024).

Peresmian BLK itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, dilanjutkan dengan pengarahan kepada peserta pelatihan di BLK tersebut serta meninjau fasilitas BLK.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, keberadaan BLK di Kabupaten Karimun adalah bentuk sinergi, yang bangun adalah Pemerintah Provinsi Kepri yang satuannya berada di Kabupaten Karimun, lalu didukung oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja.

“Ini kerja yang keren banget, kolaboratif dan sinergis. Ya memang harus begitu, kami pemerintah tidak bisa mengatakan harus diurus sendiri saja atau Provinsi saja, ataupun Kabupaten saja. Atau bapak meletakkan tanggungjawab ke pemerintah pusat, itu salah. Kerja kolaborasi sangat dibutuhkan,” kata Ida Fauziyah.

Dia juga mengajak kepada para pengusaha untuk sama-sama mendukung dan memanfaatkan peluang investasi, yang lebih menjanjikan di Kabupaten Karimun.

Karena menurutnya, pemerintah daerah sudah memberikan jalan, karena salah satu tolak ukur produktivitas adalah tenaga kerja memiliki skil dan kompetensi.

“Ayo kita jaga momentum ini dengan sebaik-baiknya, yang berkesesuaian dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Ini juga akan menjadi sarana dalam mengurangi angka pengangguran terbuka,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, dengan diresmikannya BLK Kabupaten Karimun, maka menjawab pertanyaan dari para investos, salah satunya adalah menanyakan ketersediaan tenagakerja yang kualifikasinya memadai.

“Terimakasih kepada Bupati Karimun yang sudah menyediakan lahan, kami dari Pemprovi Kepri juga sudah membantu menyediakna anggaran sebesar Rp9,4 Miliar, sedangkan peralatannya dari pemerintah pusat melalui Kemenaker,” katanya.

Kendati masih terbatas, namun Ansar Ahmad mengaku akan tetap membuat pengajuan bantuan ke pemerintah pusat.

“Karena lahannya masih tersedia luas, kita masih membutuhkan lagi kedepan perluasan untuk pengembangan workshop, agar lebih banyak jenis-jenis pendidkan yang bisa dibuat, seperti listrik dan mekanika,” ungkap Ansar Ahmad.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terimakasih kepada Menaker Ida Fauziyah, yang telah meresmikan BLK Kabupaten Karimun.

“Ini merupakan salah satu janji kami dalam periode sekarang, untuk membuat pelatihan kerja bagi para pemuda, dengan cara mendirikan BLK dan alhamdulillah sudah terealisasi. Mudah mudahan sesuai dengan tujuan awal, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam merebut peluang bekerja,” kata Aunur Rafiq.

Dikatakan Aunur Rafiq, Pemerintah Kabupaten Karimun telah membuat Peraturan Bupati, agar para perusahaan yang berinvesatasi minimal 75 persen tenaga kerja yang direkrut adalah masyarakat tempatan.

“Mudah-mudahan dengan diresamikannya BLK ini kami bisa melaksanakan pelatihan, yang sudah dianggarkan ditahun 2024 ini, saat ini kita berkolaborasi dengan Provinsi Kepri,” kata Aunur Rafiq.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *