KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Meski Diperbolehkan Jadi Pengurus PKK, Kaum Pria di Karimun Tak Minat Bergabung

RADIOAZAM.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun, Raja Asmah Rafiq mengaku kesulitan merekrut pengurus PKK dari kalangan laki-laki, untuk diajak bergabung. Meski dari segi aturan diperbolehkan kaum adam untuk dapat ikut bersama-sama didalam organisasi tersebut.

“Dari segi aturan, bahwa saat ini pengurus PKK tidak hanya dari ibu-ibu, tapi ada juga dari bapak-bapak sebagaimana yang telah dilakukan di daerah lain. Sudah kami coba merekrut kaum laki-laki untuk jadi pengurus, tapi malah tidak maksimal dengan alasan mereka segan dengan ibu-ibu,” jelas Raja Asmah usai melantik pengurus PKK Kecamatan se Kabupaten Karimun di Gedung Nasional, Rabu (22/1).

Dia berharap, melalui tim penggerak PKK di setiap Kecamatan agar dapat melakukan perekrutan pengurus dari kalangan bapak-bapak.

“Pengurus yang baru saja dilantik ini diharapkan dapat menyisipkan pengurus dari kaum bapak-bapak. Agar dapat bergabung bersama PKK Kecamatan,” imbuhnya.

Karena, lanjut Raja Asmah, tujuan dari PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yang mampu menciptakan keselarasan.

“Keluarga harus sejahtera, karena merupakan bagian terkecil yang akan mendorong pembangunan daerah. Maka melalui PKK ini lah penggeraknya,” ucap Raja Asmah lagi.

Raja Asmah menyebutkan, tantangannya saat ini adalah, membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya dengan 10 pokok program PKK. Karena merupakan kekuatan strategis organisasi dalam melakukan tindakan terhadap masyarakat.

“Ketua PKK Kecamatan yang baru agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Menyusun program kerja yang akan dibuat, merangkul tim penggerak PKK Kelurahan dan Desa. Selain itu dampingi Pak Camat dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Tak lupa pula saya berpesan kepada seluruh Camat selaku pembina PKK di setiap Kecamatan, agar dapat mendukung program PKK,” pesannya.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelantikan ketua tim penggerak PKK Kecamatan dilakukan, seiring dengan pelantikan pejabat mengikuti pergantian promosi dan rotasi Camat.

“Otomatis akan berpengaruh terhadap orgnisasi PKK di Kecamatan. Setiap Camat di masing-masing wilayah itu akan ditunjuk istrinya sebagai Ketua PKK Kecamatan. Kecuali kalau Camatnya dari kaum ibu-ibu, tapi bisa saja sih ketua PKK nya dari laki-laki,” terang Rafiq.

Dia berharap, agar para ibu-ibu ketua tim penggerak PKK Kecamatan dapat bekerjasama dalam membantu suaminya yang sedang bertugas sebagai Camat. Jangan malah menimbulkan beban.

“Para camat juga harus dapat membina keluarganya, kalau pak camat dan bu camat kerap bertengkar, bagaimana mau membina masyarakat. Membina keluarganya saja amburadul,” katannya.

Dari 12 Kecamatan se Kabupaten Karimun, ada 10 Ketua tim pengegrak PKK yang dilantik, yakni Kecamatan Meral Barat, Kecamtan Tebing, Kecamatan Karimun, Kecamatan Kundur Barat, Kecamtan Kundur Utara, Kecamtan Kundur, Kecamtan Belat, Kecamatan Ungar, Kecamatan Moro, dan Kecamatan Durai. Turut hadir dalam kesempatan itu, pengurus tim penggerak PKK Provinsi Kepri, Yuliana Hasbi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close