KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Nurdin Basirun Takjub Dengan KNPI Yang Diketuai Raden Richky, Gelar Youth Expo Karimun 2022 Libatkan UMKM

RADIOAZAM.ID – Tokoh masyarakat Kepri asal Kabupaten Karimun, Nurdin Basirun yang juga sebagai mantan Gubernur Kepri, mengaku takjub terhadap DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun, dibawah kepemimpinan Raden Richky Dwi Muhardi.

Pasalnya kata Nurdin, pada event bernama Youth Expo Karimun 2022 yang digelar KNPI Kabupaten Karimun, mampu menggelar kegiatan begitu megah, bahkan tanpa membebani biaya dari APBD Kabupaten Karimun, dengan mengakomodir para UMKM untuk dilibatkan pada kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu, sejak Kamis (17/11/2022) hingga Minggu (20/11/2022).

“Kreatifitas seperti ini patut kita banggakan. Apa lagi kondisi ekonomi kita sempat anjlok disaat pandemi Covid-19, dan alhamdulillah sekarang sudah berlalu, maka adik-adik KNPI lah yang haru sambil peluang, ya dengan berbagai cara dan salah satunya dalam kegiatan ini,” ungkap Nurdin saat menghadiri pembukaan Youth Expo Karimun 2022 DPD KNPI Kabupaten Karimun, Kamis sore (17/11/2022) di Coastal Area.

Nurdin juga sempat menginggung tentang slide foto-foto tentang perkembangan pembangunan di Kabupaten Karimun, yang beberapa diantaranya dibangun pada masa almarhum Muhammad Sani semasa menjabat sebagai Bupati Karimun, yang kemudian diteruskannya saat menjabat sebagai Bupati Karimun, sehingga menjadi tambahan beberapa ikon pembangunan, dilanjutkan oleh Bupati Karimun saat ini, Aunur Rafiq.

“Kami bangga dengan adik-adik KNPI sekarang, jeli menangkap peluang dan potensi yang ada. Dulu kita sama-sama maklumi terhenti semua kegiatan karena Covid-19. Maka dengan adanya kegiatan Youth Ekspo Karimun 2022 oleh DPD KNPI Kabupaten Karimun ini, tentunya kami sangat bangga dan mengucapkan terimakasih,” kata Nurdin.

Kegiatan yang dilakukan oleh DPD KNPI Kabupaten Karimun menurut Nurdin, sebagai salah satu upaya untuk mendodong ekonomi masyarakt, serta sebagai ajang silaturahmi agar masyarakat Karimun tetap selalu bersama bergandeng tangan, baik dengan seluruh elemen masyarakat maupun dengan pemerintah.

“Ini adalah kesempatan dan peluang baik, jangan jadikan waktu sia-sia. Kepercayaan yang diamanahkan harus dilakukan sebaik-baiknya, jangan tanya apa pemerintah berikan kepada kita, tapi tanyakan apa yang bisa kita lakukan untuk masyarakat, karena kesempatan tidak akan terulang kedua kali. Selamat kepada adik-adik KNPI, ayo kita sama-sama membangun Kepri dan Karimun,” pesannya.

Untuk itu lanjut Nurdin, sebagai pemuda yang menjadi penerus atau estafet kepemipinan mendatang, harus bergandengan tangan dalam mempersiapkan diri.

“Saya mengajak adik-adik KNPI untuk mempersiapkan diri. Jangan sia-siakan kesempatan masa muda ini, estafet kepemimpinan pasti akan berjalan. Maka dari itu mari ambil peluang, untuk jadi tuan di rumah kita sendiri,” pesan Nurdin.

Sementara itu, Sekda Karimun M Firmansyah yang turut hadir mewakili Bupati Karimun Aunur Rafiq juga ikut bangga, atas kegiatan yang digelar KNPI Kabupaten Karimun, yang dinilai turut andil membangkitkan ekonomi masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Kegiatan Youth Ekspo Karimun 2022 yang dilaksanakan DPD KNPI Kabupaten Karimun ini, tentu berdampak positif bagi masyarakt kalangan bawah dan memperhatikan ekonomi atau UMKM,” ujar Firmansyah.

Dia juga berpesan agar tidak melihat siapa dan apa organisasinya, sehingga harus bersama-sama bergerak membantu pemerintah dan masyarakat, dalam melakukan apapun yang bisa dikerjakan.

Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Karimun, Efriyan Santana mengatakan, agenda besar DPD KNPI Kabupaten Karimun dibawah kepempimpinan Raden Richky Dwi Muhardi, diberi nama Youth Expo Karimun 2022. Yang didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan untuk semua kalangan, mulai dari pelaku UMKM, anak muda, pelajar dan sebagainya.

Dikatakan Efrian, didalam agenda tersebut terdapat beberapa item kegiatan dan perlombaan, seperti lomba video kreatif, lomba presentasi proposal ide usaha, lomba cover lagu, loba mewarnai dan feshen show.

Pada lokasi acara, juga digelar stand bazar bagi pelaku UMKM dan instansi, yang akan memaerkan produk keunggulan berpa aneka makanan minuman dan kerajinan. Disamping itu juga panitia melibatkan Komunitas Reptil (Korek) Kabupaten Karimun, yang akan mengedukasi masyarakat tentang aneka jenis hewan, dengan memajang beberapa reptil dari dalam kandang dan dibawa ke lokasi kegiatan DPD KNPI Kabupaten Karimun.

“Acara puncaknya pada Sabtu malam (19/11/2022), akan diadakan penyerahan penghargaan yang diberi nama KNPI Award, bagi para tokoh yang dianggap menjadi teladan serta motivasi bagi berbagai kalangan di Kabupaten Karimun,” katanya.

Pada acara puncak itu nantinya, akan dihibur oleh artis Dangdut D3 bersama penyanyi asal Karimun bernama Sophie Lida.

Acara masih berlanjut pada hari Minggu (20/11/2022). dalam agenda donor darah, lomba mewarnai, dan penyerahan hadiah-hadiah lomba.

“Rencananya kegiatan ini akan dibuka pada Jumat (18/11/2022) dan dilaksanakan empat hari. Tapi karena ada rencana kunjungan Bapak Moeldoko, sehingga pembukaan kita percepat jadi hari ini, sehingga banyak yang nanya kenapa stand banyak kosong, ya memang agenda awalnya kita mulai Jumat, sehingga teman-teman yang sudah memesan stand belum dapat mempersiapkan diri,” jelasnya.

Dia juga membantah jika dikatakan bahwa stand yang disediakan KNPI terkesan mahal, apa lagi sekelas UMKM. Melainkan justru pelaku UMKM dapat diberikan diskon besar, yang biayanya bisa dibicarakan secara kekeluargaan, bahkan cukup hanya dengan membayar biaya listrik dan kebersihan saja, para pedagang dapat menggunakan stand yang telah disediakan.

“Kami tidak memberatkan pelaku UMKM, ketika ada yang mau isi stand silahkan temui panitia, semampunya kawan saja untuk nominal biayanya, akan kami gunakan untuk anggaran listrik dan petugas kebersihan, yang jelas akan kita fasilitasi,” kata Efriyan lagi.

Melalui kegiatan tersebut Efriyan berharap, agar ada manfaat yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Kabupaten Karimun untuk masyarakat banyak, terutama bagi para pelaku UMKM.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close