KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Para Kades di Karimun Diinstruksikan Gunakan Dana Desa Untuk Bantuan dan Pencegahan Covid 19

Bantuan Bagi Masyarakat Harus Sesuai Kriteria

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq menginstruksikan kepada para Kepala Desa, agar dapat menganggarkan Dana Desa untuk keperluan pencegahan covid 19.

“Silahkan dianggarkan dalam rangka pencegahan covid 19,” kata Rafiq saat menggelar video conferensi bersama para Kades se Kabupaten Karimun, Selasa (21/4) di Gedung nasional.

Dikatakan Rafiq, didalam penanganan dan pencegahan covid 19, Desa wajib melakukan perubahan APBDes. Apabila Dana Desa (DD) tidak mencukupi, maka dapat diambil dari Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).

“Desa bisa menganggarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), dengan penerima harus sesuai kriteria,” ungkap Rafiq.

Adapun sasaran untuk BLT dari DD dan ADD antara lain, keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH), non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan non Kartu Prakerja.

Kemudian, masyaràkat yang kehilangan mata pencaharian akibat covid 19, terdapat anggota keluarga berpenyakit kronis, serta masyarakat miskin yang belum terdata dari bantuan.

Selain itu, Rafiq juga mewajibkan para Kades membentuk relawan desa, yang berfungsi untuk penanganan kasus covid 19 di setiap Desa.

“Saat ini, sudah ada 14 Desa yang membentuk dan telah meng SK kan Relawan Desa, sisanya masih dalam proses pembentukan relawan,” tutup Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close