KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Para Pecinta Al-Quran di Karimun Gelar Silaturahmi dan Haflatul Quran Akbar ke-I

RADIOAZAM.ID – Para pecinta Al-Quran se Kabupaten Karimun menggelar silaturahim disejalankan dengan agenda Haflatul Quran Akbar ke-I, yang digelar Suhbatul Quran di Gedung Nasional, Minggu malam (12/12).

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan, atas nama pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun mengucapkan terimakasih atas munculnya Suhbatul Quran, sebagai wadah yang didalamnya merupakan wadah bagi para pecinta Al-Quran, sebagai ikatan pemersatu para pembaca Al-Quran dan penghafal Al-Quran. Yang merupakan mitra dari pemerintah daerah melalui LPTQ.

“Semoga kegiatan Haflatul Quran Akbar ke-I ini memberikan suatu motivasi dan dorongan kepada kita semua, dan sekaligus memperkenalkan tentang aktifitas atau kegiatan melalui ikatan dan persahabatan para pembaca Al-Quran di Kabupaten Karimun,” harap Rafiq.

Dikatakan Rafiq, Dari kegiatan Haflatul Quran Akbar ke-I itu, maka telah menunjukkan bukti dan eksistensi dari Al-Quran. Melalui wadah Suhbatul Quran tentunya menyatukan para qori dan qoriah yang pernah ikut bertanding maupun yang sedang belajar, sehingga diharapkan pula dapat memberikan bimbingan pendidikan dan ilmu yang pernah didapat, selama menekuni pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ).

“Saya yakin dan percaya setelah kegiatan ini, ke depan akan ada lagi muncul para regenerasi melalui ikatan persahabatan pecinta Al-Quran, yang menjadi kemitraan bagi pemerintah daerah. Oleh karena itu kolaborasi dengan LPTQ sangat diharapkan, karena masa kepengurusannya saat ini sudah berakhir, yang nantinya akan menggabungkan para pecinta Al-Quran untuk bisa duduk bersama menjadi pengurus, sehingga menjadi dinamis,” katanya.

Melalui kegiatan itu pula, pengembangan Al-Quran akan semakin baik dengan kemajuan teknologi dan sistem digital saat ini.

Disinggung apakah ada rencana untuk mendirikan Quran Centre seperti di Kota Batam, Rafiq mengaku Quran Centre di Batam merupakan bagian dari Provinsi, dan dalam hal ini Kabupaten Karimun juga sudah mengirim para qori dan qoriah.

“Jadi tidak harus sama, kita kembangkan adik-adik yang muda dan masih energik ini, untuk menggabungkan mereka kedalam LPTQ, sehingga bisa lebih berkembang dan semakin baik,” tambah Rafiq.

Sementara itu, Ketua Panitia, Amirullah Syaputra mengatakan, Suhbatul Quran merupakan suatu wadah persahabatan bagi para pecinta Al-Quran, yang telah dibangun selama setahun dimulai dengan memperkenalkan metode tahsin secara digital.

“Meotodenya sudah dikembangkan di Kabupaten Karimun, kami mengajarkan tilawah dan tahsin, kemudian selama ini juga kami fokus kepada channel YouTube yang berisikan materi tentang tahsin,” ucapnya.

Kehadiran Suhbatul Quran menurut Amirullah, bukan untuk menyaingi LPTQ, justru kehadiran wadah tersebut adalah untuk mengajak kepada qori dan qoriah agar dapat bersama-sama, karena semakin banyak wadah atau tempat belajar, maka ilmu Al-Quran yang didapat akan semakin perkembang.

“Kalau belajar sendiri-sendiri akan hilang, tapi kalau bersama-sama apa lagi bisa berkolaborasi dengan LPTQ untuk mengadakan pelatihan, dalam setahun bisa saja empat atau lima kali, maka bagi kami ini bisa menggali atau meningkatkan kualitas bacaan,” terangnya.

Dalam kegiatan itu, tidak sajad dihadiri para pecinta Al-Quran Kabupaten Karimun, tapi juga dari Provinsi tetangga, yakni dari Penyalai Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close