KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pasar Megah di Tanjungbatu Beroperasi Jumat, Diresmikan Bupati Karimun 2 Februari

RADIOAZAM.ID – Pasar Baru Tanjungbatu berlantai dua di pusat kota Pulau Kundur Kelurahan Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur telah rampung, dan rencananya akan mulai beroperasi pada Jumat besok (31/1).

Pengoperasian pasar itu telah diawali dengan pencabutan undian penempatan tempat berjualan para pedagang beberapa hari kemarin, dilanjutkan dengan tatap muka antara pedagang dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Karimun selaku pengelola, Komisi II DPRD Kabupaten Karimun, Dinas Perindag, Koperasi, UKM dan ESDM, serta dari Kecamatan Kundur, yang digelar di Balai Srigading Tanjungbatu Kecamatan Kundur, Selasa (28/1).

Direktur Utama Perusda, Defanan Syam mengatakan, sebelum diadakan pertemuan tersebut, telah digelar pencabutan undian bagi seluruh pedagang.

“Pasar Baru Tanjungbatu punya 78 meja dan 84 kios. 28 kios diantaranya ada di lantai, sisa kios yang lain ada di dua. Penempatan pedagang sudah dilakukan pencabutan undian, sehingga tinggal dioperasikan saja pada Jumat besok (31/1),” kata Defanan.

Pasar Baru Tanjungbatu merupakan hasil perombakan total atau bangun baru diatas lahan pasar yang lama, dimulai sejak tahun 2018 lalu, dengan aggaran multi years menggunakan APBD Kabupaten Karimun total Rp15 Miliar. Sehingga baru bisa dimanfaatkan pada tahun 2020.

Dijelaskan, untik biaya sewa atau retribusi masih akan dilihat kebutuhan selama tiga bulan berjalan ini. Mulai dari fasilitas air, listrik, kebersihan dan petugas keamanan. Sehingga baru bisa disampaikan besaran per bulannya nanti sektiar April mendatang.

“Saya tegaskan tidak ada lagi pemilik tempat jualan disewakan kepada orang lain. Ini pasar punya pemerintah, jadi siapapun yang menyewakan atau mengambil keuntungan dari menyewakan tempat jualannya kepada orang lain, maka akan kita tindak sesuai hukum. Para pedagang kalau melihat hal seperti itu laporkan keapda Perusda dan akan kita tindaklanjuti, siapapun yang bermain termasuk petugas kami dari Perusda,” tegasnya.

Pertemuan dengan pedagang Pasar Baru Tanjungbatu di Balai Srigading Kecamatan Kundur, Se;lasa (28/1) menjelang pengoperasian pasar

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, Komisi II dalam hal ini akan melakukan fungsi pengawasannya terhadap mitra kerja, dalam hal ini Perusda Karimun yang membawahi pasar dan semua jenis usaha.

“Andai kata didalam pelaksanaannya nanti terjadi hal-hal yang perlu kita carikan solusi bersama, segera sampaikan ke kami. Akan kita carikan solusi. Tapi tolong ingat, jika ada masalah harap selesaikan secara baik baik,” pintanya.

Tak kalah pentingnya adalah harus jaga kebersihan pasar. Karena Kabupaten Karimun sudah tiga kali berturut turut mendapatkan Piala Adipura. Sehingga jangan dicemari dengan sampah yang menjadi penghambat atau gagalnya adipura ditahun 2020 ini.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perindag, Koperas, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, M Yosli, beberapa anggota Komisi II DPRD Karimun, dan para anggota DPRD dari Dapil Kundur.(agn)

Related Articles

2 Comments

    1. Memang kondisi lahan tdk memungkinkan untuk dibangun besar, ditambah jumlah pedagang yang cukup ramai. Sehingga ukuran pun jadi hitung2an dalam membuatkan fasilitas bagi pedagang. Mari doakan mudah2an rizki saudara2 kita disana tetap lancar pak.. Amiiinnn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close