KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

PAUD se Kabupaten Karimun Peringati Hari Ikan

Gerakan Edukasi, Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD

RADIOAZAM.ID – Para siswa, tenaga pendidik dan orang tua wali murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kecamatan Meral, memperingati hari ikan, yang digelar dalam berbagai bentuk kegiatan, Kamis (21/11) di Pantai Pelawan Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat.

Kegiatan itu juga dilselenggarakan oleh seluruh PAUD dan Kelompok Bermain (KB) se Kabupaten Karimun, yang memilih memperingati di masing-masing lembaga, melibatkan para siswa, guru dan orang tua wali murid.

Sedangkan di Kecamatan Meral, kegiatan digelar dalam bentuk perlombaan, diantaranya kolase anak-anak dengan cara menempel biji-bijian di kertas, membuat alat permainan edukatif (APE) dan perlombaan memasak makanan berbahan dasar ikan. Para guru, siswa dan komite atau wali murid turut menyemarakkan kegiatan yang digelar Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Meral.

Ketua Himpaudi Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, untuk pertamakalinya Himpaudi melaksanakan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan). Sehingga dia mengaku perlu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Himpaudi tersebut.

“Kemarin kita Himpaudi telah menggelar MoU dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Karimun, insyaallah kegiatan ini akan kita laksanakan rutin setiap tahunnya. Akan ada perlombaan yang temanya semua serba ikan,” kata Nyimas Novi.

Nyimas Novi berharap, kerjasama atau MoU yang telah dijalin kemarin tidak hanya sekedar jalinan kerjasama seremonial belaka. Tapi juga harus ada implementasi dengan memberdayakan potensi yang ada.

Ketua Himpaudi Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani ikut membuat kolase menempelkan biji-bijian pada peringatan hari ikan di Pantai Pelawan Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat, Kamis (21/11)

“Paling tidak nanti ada gerai ikan, yang menjual produk olahan ikan berupa abon ikan dan lain sebagainya. Minimal bisa menggerakkan ekonomi kita di Himpaudi, sehingga setiap menggelar kegiatan tidak perlu lagi swadaya atau patungan, tinggal dianggarkan dari usaha yang dibuat,” kata Nyimas Novi.

Oleh karena itu, dia berjanji akan mengawal kerjasama yang telah dibuat dengan DKP Kabupaten Karimun.

“Makan ikan itu enak dan banyak vitamin serta proteinnya, biasakan keluarga dirumah mengolah menu berbahan ikan, jangan hanya di perlombaan ini saja,” imbuhnya.

Sementara, panitia pelaksana, Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan peringatan hari ikan itu, dilaksanakan dalam bentuk gerakan edukasi, makan ikan cegah stunting di PAUD, yang juga dilaksanakan serentak se Indonesia.

“Kegiatan ini melibatkan para siswa, wali murid dan guru, yang dikemas dalam beberapa jenis perlombaan. Yang anggarannya bersumber dari swadana dari seluruh PAUD,” terangnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close