Breaking News

Pelabuhan Antar Pulau di Kabupaten Karimun Sepi Penumpang

0 0

RADIOAZAM.ID – Kondisi pelayaran pelabuhan antar pulau dalam Kabupaten Karimun kini kian sepi, tak tampak adanya penumpang yang membludak, sehingga jadwal pelayaran keberangkatan kapal pun semakin berkurang.

Kondisi ini terjadi di Pelabuhan Tanjungberlian Kecamatan Kundur Utara, yang saat ini hanya ada empat kali jadwal pelayaran kapal. Padahal dihari biasanya jika kondisi normal, akan ada 10 kali pelayaran atau setiap 45 menit sekali kapal diberangkatkan dengan rute hanya ke Pulau Karimun.

Meski jadwal pelayaran sudah dikurangi, namun tidak tampak adanya desak-desakan penumpang. Jumlah tempat duduk biasanya mampu menampung lebih dari 50 orang, namun kini paling banyak setiap keberangkatan hanya sektiar 20 orang.

Kondisi itu dikeluhkan oleh agen kapal di Pelabuhan Tanjungberlian Kecamatan Kundur Utara, Eli. Menurutnya hal itu sudah terjadi sejak pandemi covid 19 dalam beberapa bulan terakhir ini.

“Sekarang hanya tinggal empat kali pelayaran saja, penumpang sepi,” keluh Eli.

Jadwal keberangkatan kapal menuju Karimun daru Tanjungberlian antara lain, dimulai pukul 06.40 WIB, 07.30 WIB, 11.40 WIB dan 15.50 WIB.

Di Pelabuhan Selat Beliah juga terjadi hal yang sama, bahkan semakin sepi penumpang baik dari Selat Beliah menuju Karimun ataupun sebaliknya, yang rata-rata hanya berkisar antara 10 sampai 15 oirang. Sehingga setiap angkot yang menunggu penumpang kapal dalam melanjutkan perjalanan menuju Tanjungbatu, paling banyak hanya tiga orang dan tidak lebih.

Begitu pula di Pelabuhan KPK, yang menjadi sentral pelayaran antar pulau dalam Kabupaten Karimun. Jumlah penumpang tampak begitu menyusut, tidak tampak adanya tumpukan penumpang di tempat duduk atau ruang tunggu.

“Sekarang sepi, biasanya pertengahan puasa seperti ini makin ramai, tapi sekrang semakin sepi,” ungkap salah seorang anak buah kapal (ABK) pada salah satu agen pelayaran di Pelabuhan KPK Tanjungbalai Karimun.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *