KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pelayaran Kapal Feri dan Roro ke Tanjungbutton Dihentikan

Fasilitas Pelabuhan Rusak dan Membahayakan

RADIOAZAM.ID – Pelabuhan Tanjung Button Kabupaten Siak Provinsi Riau ditutup, sehingga pelayaran dari Karimun tujuan pulau Sumatera itu pun dihentikan.

Kondisi ini terjadi lantaran tengah dilakukan perbaikan pelabuhan. Sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Karimun, Fajar Horison ketika dikonfirmasi membenarkan informasi itu. Dikatakannya, kerusakan yang terjadi pada pelabuhan Tanjung Button adalah tiang pelabuhan yang retak-retak.

“Kalau dilihat secara kasat mata masih bagus, hanya saja dikhawatirkan beresiko, sehingga dilakukan perbaikan. Maka pelayaran tujuan Tanjung Button pun dihentikan, karena tidak ada fasilitas pelabuhan yang bisa digunakan untuk kapal sandar,” ucap Fajar, Rabu (27/11).

Dengan demikian, tidak ada satu pun kapal yang berlayar rute Karimun-Tanjungbutton Riau. Kapal hanya sampai Selatpanjang-Riau.

Tidak hanya pelabuhan khusus kapal feri yang bermasalah, tapi pelabuhan kapal roro di Tanjung Button pun kini tak dapat digunakan, karena amblas pada September kemarin.

Permasalahan transportasi di wilayah Tanjung Button Kabupaten Siak Provinsi Riau tak ada habisnya, kini persoalan transportasi darat pun mengalami kendala. Yakni jalur Tanjung Button tujuan Pekanbaru dikabarkan terputus, karena ada ruas jalan yang amblas, sehingga wilayah itu terisolir.

“Pemkab Karimun masih berusaha mencari alternatif, seperti pengalihan rute pelayaran kapal roro ke pelabuhan lain. Karena pelabuhan roro sudah ambruk, maka Bupati Karimun Aunur Rafiq telah menyurati Dirjen Hubla di Kementerian Perhubungan, sampai saat ini kita masih menunggu,” tutup Fajar.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close