KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pelepasan Peserta Didik TKIT Darul Mukmin Berlangsung Meriah, Libatkan Semua Siswa dan Usung Tema Budaya Nusantara

Radioazam.id – Suasana pelepasan peserta didik Seluruh teman-teman kecil (Sebutan siswa siswi) di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Darul Mukmin sangat meriah, karena bertemakan aneka budaya nusantara yang ditampilkan para anak-anak, di Aula Darunnadwah Masjid Agung Kabuaten Karimun, Kamis (16/6/2022).

Perpaduan antara pakaian adaat dengan kesenian masing-masing daerah, dilakoni para siswa siswi TKIT Darul Mukmin, masing-masing merekan mengambil peran untuk tampil dihadapan para ayah bunda, majelis guru, tamu undangan dan teman-teman kecil

Tentunya keunggulan dari TKIT Darul Mukmin pun turut ditampilkan, yakni hafalan Al-Quran serta 99 Asmaul Husna, dilantunkan berikut dengan gerakan tanpa ada yang terlewatkan.

Kepala TKIT Darul Mukmin, Dina Marlina Lubis mengatakan, pelepasan peserta didik tersebut diikuti sebanyak 26 siswa siswi TKIT Darul Mukmin, 18 diantaranya perempuan dan sisanya laki-laki. Melalui kegiatan pelepasan tersebut, sengaja mengusung tema budaya nusantara, dengan alasan kondisi Covid-19 saat ini sudah mulai terkendali, sehingga kembali mulai mengenalkan budaya nusantara bagi anak-anak.

“Selama dua tahun kegiatan seperti ini vakum, sehingga kita kembali membangkitkan semangat para teman kecil dengan mengusung tema budaya nusantara dalam agenda pelepasan peserta didik. Apa lagi kita kan sudah mulai era baru, sehingga kami mengajak anak-anak untuk mengenalkan lagi budaya Indonesia. Dengan harapan agar mereka bisa berkreasi melalui kegaitan ini,” ujar Dina.

Melalui pelepasan dengan tema budaya nusantara tersebut, Dina mengaku sebagai sarana untuk mengajak dan menarik minat masyarakat untuk ikut bergabung menjadi bagian dari keluarga TKIT Darul Mukmin, sehingga menitipkan anaknya untuk di didik pada lembaga dibawah naungan Yayasan Darul Mukmin.

“Kebetulan keunggulan kita di TKIT Darul Mukmin adalah hafalan Al-Quran dan hafalan 99 Asmaul Husna. Kami pastikan anak-anak TK B ini 90 persen hafal. Maka dari itu, harapan kami teman-teman kecil yang belum bergabung di TKIT Darul Mukmin, ayo segera selagi pendaftaran masih dibuka,” imbuhnya.

Dina juga berharap, setelah selesai menamatkan pendidikan dari TKIT Darul Mukmin, agar ke 26 teman-teman kecil yang telah lulus dapat masuk ke sekolah yang mereka inginkan, tentunya dengan pondasi yang kuat dan telah diberikan, dapat menjadi bekal pada jenjang pendidikan selanjutnya.

Sementara itu, Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur mengatakan, sebagai anak usia dini sebenarnya pendidikan yang terberat adalah pada saat usia mereka masih anak-anak. Karena pondasi mereka dalam menimba ilmu adanya saat masih dibangku Taman Kanak-Kanak (TK) sederajat.

“Jadi sudah tepat kalau TK dibawah Yaysan Darul Mukmin ini memiliki visi berakhlak cerdas dan mandiri, dengan mengutamakan akhlak atau karakter anak-anak. Karena kedepan negara kita yang besar ini butuh orang-orang yang berkarakter yang berakhlak dan kuat. Sehingga ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sudah punya pegangan,” ujar Rasyid.

Dia menjelaskan, sejauh ini dalam menimba ilmu disebutkan masih mudah untuk dicari, namun untuk akhlak sangat diperlukan. Sehingga dalam halini para tenaga pendidik TKIT Darul Mukmin mampu meneladankan akhlak kepada anak-anak. Sehingga itu merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan kepada para wali murid dalam menitipkan anak-anak mereka pada lembaga pendidikan dibawah Yayasan Darul Mukmin.

“Kita memang harus memberikan itu. Makanya merupakan kewajiban kita dalam membuktikan kepada para orang tua, bahwa kita mampu memberikan yang terbaik. Dengan harapan ketika mereka begabung dalam tujuan yang sama, maka kita punya tanggungjawab membimbing dengan akhlak yang baik. Yang nantinya juga akan dicontoh oleh para orang tua,” terangnya.

Dengan demikian Rasyid berharap, agar para orang tua dapat berkolaborasi dengan manageman sekolah, demia membangun karakter anak.

“Maka dari itu kita sangat berharap kepada masyarakat yang belum memahami, mari kita bergabung di TKIT Darul Mukmin maupun di semua lembaga pendidikan yang ada, agar sama-sama kita menyiapkan generasi muda dimasa depan, untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close