Breaking News

Pemadaman Api di Lahan Gambut Parit Gantung Kundur Banyak Kendala, Enam Jam Lamanya Baru Padam

0 0

RADIOAZAM.ID – Enam jam lamanya api baru padam dalam kebakaran dua hektare lahan gambut, di Parit Gantung Desa Sungai Sebesi Kecamatan Kundur, Rabu (29/3/2023).

Sejak sore api mulai berkoba, tim pemadam dari berbagai unsur berjibaku memadamkan api, diantaranya dari pemadam kebakaran, Polsek Kundur, Koramil 03 Kundur, Satpol PP, personel SPN Polda Kepri Tanjungbatu dan masyarakat.

Kapolsek Kundur AKP Buala Harefa mengatakan, api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 23.45 WIB. Sulitnya medan kebakaran karena lahan yang terbakar merupakan tanah gambut, yang sangat rawan dengan api.

Sehingga menurutnya, upaya pemadaman pun sempat terkendala, terlebih ketika sumber air pun sangat minim, apa lagi lokasi kebakaran jauh dari pinggir jalan utama, serta sarana pemadam kebakaran juga tidak memadai, sehingga pemadaman yang dilakukan cukup lama.

“Hampir enam jam upaya pemadaman kita lakukan dan berhasil kita hentikan kebakaran. Ini berkat kerjasama bersama,” ujar Buala Harefa, Kamis (30/3/2023).

Dikatakan Buala Harefa, titik kebakaran merupakan lahan kosong yang sudah jadi hutan, sebagian lahan juga merupakan kebun karet diatas tanah gambut.

Saat ini, Buala Harefa masih masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, terhadap kebakaran lahan gambut seluas dua hektare itu, guna mengetahui penyebab api yang melalap lahan kosong dan sebagian kebun karet tersebut.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat jangan ada yang melakukan pembakaran lahan atau membakar di sekitar lahan maupun hutan. Karena wilayah Kabupaten Karimun saat ini sedang memasuki musim panas atau kemarau, sehingga api sekecil apapun akan dapat mengakibatkan kebakaran yang besar.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *