KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pemkab Karimun Bersama DPRD dan FKPD Distribusikan Bantuan Bagi Korban Angin Puting Beliung, Untuk 13 KK di Kecamatan Sugie

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun mendistribusikan bantuan bagi korban angin puting beliung, di Kecamatan Sugie (pemekaran Kecamatan Moro), bagi 13 Kepala Keluarga (KK) yang bersumber dari Kementerian Sosial, Selasa (31/5/2022).

Tidak hanya Pemkab Karimun, bantuan dari berbagai pihak juga diserahkan secara serentak yang ikut serta bersama rombongan Pemkab Karimun, diantaranya Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungbalai Karimun, Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, serta DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Karimun dan Badan Amil Zakat (Baznas) Tanjungbalai Karimun.

“Hari ini saya diperintahkan oleh Bapak Bupati Karimun Aunur Rafiq datang kesini mewakilinya, untuk meninjau saudara-saudara kami di Desa Pasai Kecamatan Sugie yang terkena musibah angin puting beliung pada Sabtu kemarin (28/5/2022), saya ditemani oleh Kajari Tanjungbalai Karimun, Ibu Meilinda, Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun, bapak Letkol Inf Agus Redianto, serta Ibu Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Ibu Nyimas Novi Ujiani, yang juga sama-sama menyerahkan bantuan dari masing-masing bantuan,” ujar Firmansyah.

Firmansyah mengaku sangat prihatin atas musibah yang dialami oleh 13 KK di Kecamatan Sugie tersebut. Dari bantuan yang diberikan dirasa masih belum seberapa, namun setidaknya dapat meringankan beban yang diderita.

Dalam kesempatan itu Firmansyah juga tidak banyak yang dapat disampaikan, hanya saling mendoakan dan turut merasakan kesedihan. Kita tidak dapat menghindari atas suatu ketetapan yang telah dikehendakiNYA.

“Kitra harus tetap yakinkan diri untuk tetap kikhlas dan ikhtiar, bahwa musibah ini pasti ada hikmahnya,” pesannya.

Para korban yang rumahnya rusak berat untuk sementara waktu mengungsi di rumah orang tuanya, kemudian yang rumahnya rusak sedang sebagian juga menumpang di rumah saudara, dan yang rusak ringan masih dapat ditempati karena hanya bagian atap yang diterbangkan angin, atau ada bagian dinding rumahnya saja.

“Untuk kerusakan rumah bagi para korban ini, saya katakan tadi kita selaku Pemda tidak berjanji tapi punya kewajiban. Maka akan diusahakan membantu semampu yang kita bisa. Mudah-mudahan kebersamaan ini bisa membangkitkan semangat kita semua, untuk dapat bersama-sama bergotong royong membantu saudara kita yang terkena musibah, minimal bisa menempati rumah mereka kembali secepatnya,” ungkap Firmansyah lagi.

Firmansyah berpesan, agar mayarakat yang terkena musibah harus tetap kuat dan semangat, masyarakat juga harus punya rasa kebersamaan yang kuat, sehingga beban yang dirasakan akan terasa ringan.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, dia bersama para stakeholder terkait dapat bersama-sama mendistribuskan bantuan dari masing-masing instansi, untuk diserahkan langsung kepada titik musibah angin puting beliung, tepatnya di Dusun Pasai Desa Niur Permai dan Desa Keban.

“Hari ini saya langsung turun ke Desa Keban untuk melihat langsung masyarakat yang tertimpa muasibah. Memang ada satu keluarga yang memang rumahnya habis atau data dengan tanah, korban sebagian lainnya masih bisa menempati rumahnya. Semuanya saat ini mereka masih sangat membutuhkan bantuan, dan peran pemerintah disini tentu membantu, sebagaimana disampaikan Bapak Sekda tadi, bahwa bukan janji tapi merupakan tanggungjawab,” ucap Nyimas Novi.

Anggota DPRD Kabupaen Karimun, Nyimas Novi Ujiani menyerahkan bantuan untuk korban angin puting beliung di Desa Kebang Kecamatan Sugie, Selasa (31/5/2022)

Dari kunjungan langsung melihat kondisi para korban angin puting beliung, Nyimas Novi menjelaskan bahwa PKB Kabupaten Karimun tidak tinggal diam dan turut memberikan bantuan logistik berupa sembako untuk 13 KK.

“Disamping kunjungan ini saya juga menemui sahabat-sahabat PKB. Ini adalah berkat komunikasi yang baik dimana ada beberapa diantaranya sebagai pengurus yang juga sebagai korban angin puting beliung. Untuk itu kami hadir. Bantuan yang diserahkan tadi berupa makanan pokok seperti beras, telur, gula, minyak goreng dan lainnya,” kata Nyimas Novi.

Dia memastikan, bantuan yang diserahkan tidak hanya bagi para kader PKB yang terkena angin puting beliung, tapi semua korban dari 13 KK diberikan secara menyeluruh.

Kades Keban, Taufik Yusup menambahkan, ada delapan rumah warganya yang disapu angin puting beliung, dua dalam kondisi rusak parah sehingga rata dengan tanah.

“Dari delapan rumah ini ada 15 jiwa terdampak, rat-rata satu rumah ada dua atau tiga jiwa. Kondisi rumah mereka sebagian ada yang atap dan dindingnya tercabut, dan satu rumah memang hancur rata dengan tanah. kalau yang parah di pulau bahan ada dua rumah,” ungkapnya.

Sebagian korban masih tinggal di rumahnya bagi yang dalam kondisi rusak sedang atau ringan, karena ruang utamanya tidak ikut rusak, hanya bagian dapurnya saja sehingga masih dapat ditempati.

Seperti diberitakan sebelumnya, sedikitnya 13 rumah porak poranda dihantam angin puting beliung di Desa Niur Permai Kecamatan Sugie, pada Sabtu pagi (28/5/2022).

Selain rumah yang rusak parah, beberapa rumah lainnya mengalami rusak ringan namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kapolsek Moro, AKP Efendi Marpaung mengatakan bahwa, angin kencang disertai hujan menyebabkan terjadinya bencana alam angin puting beliung. Sehingga merusak rumah warga.

“Rumah yang rusak cukup berat, beberapa diantaranya ada yang atapnya terbang, dinding tercabut dan diterbangkan oleh angin kencang,” kata Efendi.

Menurutnya, parahnya kerusakan rumah warga yang terkena angin puting beliung, juga lantaran beberapa rumah diantaranya terbuat dari kayu. Sehingga dengan mudah diratakan dengan tanah.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close