KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pemkab Karimun Kembali Terbitkan SE Bagi Warga Yang Berpergian

RADIAOZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun kembali mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang ditandatangani Pejabat Sementara (PJs) Bupati Karimun, Herry Andrianto, tentang peningkatan kewaspadaan dalam rangka pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam adaptasi kebiasaan baru, menuju masyarakat produktif dan sehat dari Covid-19.

SE nomor 300/SET-COVID-19/X/21/2020 itu, dikeluarkan kembali karena untuk penegasan bagi masayrakat yang akan keluar dan masuk ke wilayah Kabupaten Karimun.

Kabag Humas dan Komunikasi Pemkab Karimun, Didi Irawan menyebutkan, masyarakat yang melakukan perjalanan dapat mengikuti dan menjalankan syarat sesuai dengan Surat Edaran tersebut. Tidak hanya bagi masyarakat, petugas pun diberikan penegasan agar menjalankan beberapa poin, yang telah tertuang didalamnya.

“Kembali diterbitkan, artinya Pemkab Karimun menegaskan lagi tentang panduan dan pedoman, bagi petugas maupun warga yang melakukan perjalanan,” ujar Didi, Kamis (29/10).

Adapun poin yang tertuang didalam SE tersebut antara lain, setiap individu yang melakukan perjalanan wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat antara, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, dan memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

pada saat pembelian tiket pesawat atau kapal, setiap individu yang melakukan perjalanan ke luar wilayah Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau wajib menunjukkan persyaratan seperti menunjukkan identitas atau Kartu Danda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya yang sah, menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif, atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif, yang berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta

“Menunjukkan surat keterangan kesehatan bebas gejala seperti Influensa yang berlaku 3 hari, sejak dikeluarkan oleh Rumah Sakit, atau Puskesmas maupun fasilitas pelayanan kesehatan bagi daerah, yang tidak memiliki fasilitas test PCR atau hasil tes,” kata Didi.

Kemudian, mengunduh aplikasi elektronik Health Alert Card (eHAC) dan mengisi formulir yang tersedia pada aplikasi tersebut, atau bisa juga dengan mengisi Health Alert Card secara manual, yang telah disediakan oleh petugas KKP.

Setiap individu yang melakukan perjalanan di dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau termasuk dalam wilayah Kabupaten Karimun, pada saat pembelian tiket dengan menggunakan transportasi laut cukup menunjukkan beberapa persyaratan, diantaranya menunjukkan KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah, menunjukkan surat keterangan kesehatan bebas gejala seperti influensa, yang berlaku tiga hari sejak dikeluarkan oleh layanan medis, dan mengunduh aplikasi elektronik eHAC atau mengisi formulir HAC yang disediakan oleh petugas di pelabuhan.

Tidak hanya masyarakat, didalam SE tersebut juga menitikberatkan beberapa poin bagi petugas, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan di bandara atau pelabuhan keberangkatan, yang dibantu oleh tenaga relawan dalam melakukan kegiatan.

Seperti pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang dan awak alat angkut, melakukan validasi surat keterangan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif atau surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test antigen/antibodi non reaktif, atau surat keterangan ksesehatan bebas gejala seperti influensa, memperingatkan agar kartu kewaspadaan kesehatan atau HAC secara elektronik maupun non elektronik telah diunduh, serta telah diisi oleh pelaku perjalanan.

Bagi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dibantu oleh tenaga relawan di bandara atau pelabuhan kedatangan, diharuskan melakukan kegiatan pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang dan awak alat angkut, melakukan verifikasi kartu kewaspadaan kesehatan atau HAC secara elektronik maupun non elektronik oleh pelaku perjalanan, melakukan validasi surat keterangan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif, atau surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test antigen/antibodi non reaktif, atau surat keterangan kesehatan bebas gejala seperti influensa.

Dalam rangka melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pelaku perjalanan, satgas pengendalian transportasi laut dan udara turut serta melakukan pendampingan, terhadap kegiatan tersebut dalam hal ini adalah pelaku perjalanan sebelum keberangkatan maupun pada saat kedatangan di wilayah Kabupaten Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close