KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pemkab Karimun Tambah Dua Dinas dan Badan, Beberapa OPD Berubah Nama

RADIOAZAM.ID – Pemerintah daerah Kabupaten Karimun resmi menambah dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A, serta Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tipe A.

Kedua OPD tersebut sudah disahkan dalam sidang paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Senin (18/10).

Dalam sidang paripurna itu, mengikutsertakan beberapa OPD yang berubah nama, diantaranya, Dinas Pendidikan Tipe A menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tipe B berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tipe A.

Selain itu, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Tipe B menjadi Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Tipe B.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, penambahan dua dinas tersebut menyusul telah disetujui dan disahkannya pengajuan, atas perubahan Perda nomor 7 tahun 2016, tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Sehingga telah disetujui dan disahkan dalam sidang paripurna di DPRD Kabupaten Karimun.

“Terimakasih kepada Pansus dan Pimpinan Fraksi, yang telah menerima dan mengesahkan satu dinas serta satu badan yang baru,” ujar Rafiq.

Dijelaskannya, perlunya dibentuk Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, karena selama ini Kabupaten Karimun belum memiliki dinas atau OPD khusus yang menangani masalah bencana.

“Untuk bencana masih melekat di Dinas Sosial, kalau untuk kebakaran melekat di Satpol PP. Sehingga kedua urusan penting ini digabung jadi satu OPD khusus,” katanya.

Menurutnya, pembentukan OPD baru itu juga berdasarkan surat edaran dari Kemendagri, yang menginstruksikan agar semua daerah segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Nantinya, perubahan OPD sebagaimana nomenklaturnya maka akan segera dilakukan pengisian jabatan struktural dalam waktui dekat ini.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close