KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pemprov Kepri Berikan Pinjaman Modal Bagi UMKM Tanpa Bunga, Pinjaman Dapat Dilakukan di Bank Riau Kepri

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Provinsi Kepri luncurkan program bantuan modal tanpa bunga, atau bunga nol persen, yang bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri.

Bantuan modal tanpa bunga itu ditandai dengan disalurkannya porgram subsidi bunga modal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), berupa penyerahan akad kredit pinjaman modal untuk masyarakat di Kantor Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Rabu, (8/12).

Disela penyerahan akad kredit itu, Ansar Ahmad juga melakukan simulasi akad kredit pinjaman, dimana bantuan yang diberikan Pemprov Kepri berbentuk subsidi bunga nol persen dari pinjaman modal.

“Bantuan modal dengan bunga nol persen ini artinya, masyarakat yang mengajukan pinjaman modal UMKM ke Bank Riau Kepri hanya perlu mengembalikan pinjaman pokoknya saja,” ujar Ansar.

Dengan kata lain lanjut Ansar, masyarakat yang memanfaatkan pinjaman dari program tersebut, tidak perlu lagi memikirkan bunganya.

“Bunganya sudah kita tanggung, jadi ini adalah pinjaman modal tanpa bunga,” ujar Ansar lagi.

Menurutnya, bantuan subsidi bunga modal UMKM ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil dan menengah, dimasa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kepri selama dua tahun belakangan.

Dari program bantuan modal tanpa bunga ini, Pemprov Kepri telah menganggarkan dana sebesar Rp2 Miliar. Sehingga dari jumlah dana tersebut dapat dimanfaatkan sedikitnya 1000 UMKM.

Jika program ini berhasil, maka Ansar berjanji untuk meningkatkan besaran anggaran kerjasama dalam pemberian modal tanpa bunga bagi UMKM di Kepri.

Melalui program tersebut, Ansar memprediksi bahwa sektor UMKM di Provinsi Kepri kembali bergairah, sehingga menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“UMKM ini menjadi andalan kita juga untuk memulihkan ekonomi, potensi UMKM inilah yang sekarang kita ingin bangkitkan lagi melalui bantuan modal tanpa bunga. Mari manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” ajak Ansar.

Sementara itu, Kepala Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang, Wan Abdul Rahman menjelaskan, pinjaman modal yang diberikan oleh Bank Riau Kepri bervariatif, mulai dari Rp10 juta sampai maksimal Rp20 juta. Dengan masa pinjaman sampai dua tahun, sehingga masyarakat dapat melakukan proses peminjaman hanya dalam waktu lima hari kerja.

“Kami mendukung penuh program kerjasama ini, tentu Bank Riau Kepri sebagai bank pembangunan daerah wajib berperan serta, untuk membantu pemerintah daerah dalam usaha pemulihan ekonomi di Kepulauan Riau,” ujarnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close