KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Pemprov Kepri Gelar Tabligh Akbar Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H di Kabupaten Bintan, Hadirkan Staf Ahli Kantor Kepala Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin

RADIOAZAM.ID – Pemprov Kepri menggelar tabligh akbar dalam memperingati tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriyah, di Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Bitan Timur Kabupaten Bintan, Sabtu (30/7/2022).

Dalam tabligh akbar tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengundang Ketua Umum Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin), Ali Mochtar Ngabalin, yang juga sebagai Staf Ahli Kantor Kepala Staf Presiden untuk menyampaikan ceramah agama.

Pada kesempatan itu, Ansar mengajak semua umat muslim untuk menjadikan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, sebagai ajang muhasabah diri.

Ansar juga menyebutkan, pada peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah kali ini, di Provinsi Kepri sangat spesial, karena kedatangan staf ahli Presiden, Ali Mochtar Ngabalin.

“Kita mengundang Bapak Ali Mochtar Ngabalin sebagai penceramah, karena beliau memiliki wawasan universal yang saat ini kita butuhkan, dalam rangka mendorong moderasi beragama, kerukunan antar umat beragama,” ujar Ansar.

Dalam menyongsong tahun baru 1444 Hijriyah ini, Ansar mengajak masyarakat untuk tetap bersemangat dan optimis bersama. Karena Allah SWT telah menyediakan segalanya untuk semua umat, tinggal bekerja keras dan berupaya maksimal.

“Bangun gagasan besar kedepan agar lebih baik lagi. Sehingga kita dijauhkan dari penyakit-penyakit psikologis yang berasal dari krisis kehidupan. Krisis kehidupan bermuara dari krisis spiritual yang dihadapi” ungkapnya.

Ansar juga menyampaikan program yang digagas, yakni menugaskan ustadz-ustadz ke kawasan “hinterland”. Ia menyebar para pendakwah sampai ke pelosok desa dan pulau terpencil, untuk membangun semangat umat dan membangun moderasi beragama.

“Alhamdulillah saat ini data Indeks Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Kepri mencapai angka 76,20 persen. Angka ini lebih tinggi dari skor Nasional yaitu 72,39 persen, sehingga membawa Kepri memperoleh peringkat pertama se-Sumatera dan peringkat ke-9 se- Indonesia. Mudah-mudahan semangat keberagaman dapat dijadikan modal dalam pembangunan,” katanya.

Acara juga disejalankan dengan pelantikan Pengurus Bakomubin Kabupaten Bintan periode 2022-2027. Dimana, Bakomubin sendiri sudah terbentuk selama 26 tahun atau sejak 7 Juni 1996 di Jakarta. Organisasi ini adalah bentukan dari para mubaligh yang hadir pada saat Silaturahmi Nasional Mubaligh se-Indonesia.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close