Breaking News

Pendapatan Warga Desa Degong Memprihatinkan, Fakhrurrazi Upayakan Sejuta Pohon Kelapa Tingkatkan Ekonomi

0 0

RADIOAZAM.ID – Kondisi perekonomian masyarakat di Pulau Degong Desa Degong Kecamatan Belat dinilai memprihatinkan. Pulau yang berpenghuni hampir 1000 jiwa itu, hanya mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian.

Melihat kondisi itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun dapil III, Fakhrurrazi menawarkan terobosan pemanfaatan lahan tidur, untuk dijadikan perkebunan kelapa, dengan konsep sejuta kelapa.

“Di Pulau Degong ada lahan tidur milik pemerintah, tidak ada tanaman apa-apa dan sudah saatnya kita manfaatkan. Tapi perlu pematangan lahan dan pembuatan tanggul terlebih dahulu. Konsep ini berhasli kita terapkan di Ungar, yang dulunya lahan diru milik warga kerap terendam air laut, sekarang sudah menghasilkan kelapa yang subur,” cerita Fakhrurrazi, Sabtu (7/12) dalam kegiatan reses yang digelarnya di Pulau Degong beberapa hari kemarin.

Fakhrurrazi merasa prihatin dengan pendapatan warga setempat, yang notabene nelayan dan hanya berpenghasilan kecil-kecilan, selain itu jenis ikan yang ditangkap pun tidak memiliki nilai jual tinggi.

Ikan yang didapat hanya jenis lome yang per kilogramnya dijual Rp8000, dan rata-rata hasil tangkapan tidak lebih dari lima sampai tujuh kilogram.

“Makanya saya katakan, perlu pemanfaatan lahan untuk mensejahterakan masyarakat Degong. Akan kita mulai dengan membangun tanggul yang panjangnya hampir tiga kilometer. Agar lahan tidak lagi terendam air laut saat pasang,” tambahnya.

Konsep itu lanjut dia, memang akan memakan waktu cukup lama. Karena harus dimulai dari pematangan lahan, penanaman tunas kelapa danmenunggu sampai masa kelapa berbuah.

“Realisasinya tahun 2021, nanti kita siapkan alat berat untuk membuat tanggul. Sama seperti di Ungar. Sekarang hasilnya sangat memuaskan, pemilik kebun pun mulai menikmati hasil dengan berjualan kelapa muda yang dikirim ke Batam. Mudah-mudahan Pulau Degong bisa seperti itu,” harapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengaku, perangkat desa setempat menyambut baik rencana sejuta pohon kelapa. Sehingga, tinggal merealisasikan sesuai perencanaan.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *