KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Penumpang Kapal Yang Baru Tiba di Karimun Mulai Diperiksa Suhu Tubuhnya, Tangkal Virus Corona

RADIOAZAM.ID – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mulai melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kapal yang baru tiba di pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kamis (5/3). Sebagai upaya menangkal penyebaran virus corona di Kabupaten Karimun

Setiap penumpang yang yang baru turun dari kapal diarahkan menuju ruang tunggu, lalu melintasi sebuah alat yang diberi nama Thermal Scanner. Alat tersebut berfungsi untuk mengecek suhu tubuh, sehingga setiap orang yang menenakan topi, jaket dan kacamata akan diinstruksikan untuk dilepas, karena diharuskan menatap ke kamera pemantau.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha KKP Tanjungbalai Karimun, Novi Hendri mengatakan, KKP Tanjungbalai Karimun memiliki dua alat Thermal Scanner, satu alat ditempatkan di pelabuhan domestik dan satu lagi di pelabuhan internasional.

“Hari ini kita sudah mulai melakukan pemeriksaan, kapal-kapal yang baru tiba dari Batam, Tanjungpinang maupun lintas Provinsi lainnya, semua yang baru turun dari kapal kita cek kondisi suhu tubuhnya. Bagi penumpang yang suhu tubuhnya normal kita persilahkan melanjutkan tujuan perjalanannya,” ucap Novi.

Saat ini lanjut Novi, pihaknya fokus kepada penumpang yang baru tiba di Karimun. Kendati memang seharusnya penumpang yang akan berangkat juga sejatinya perlu diperiksa.

“Sementara ini kami masih fokus pada pemeriksaan penumpang yang datang dulu, memang seharusnya penumpang yang akan berangkat pun perlu juga kita periksa. Tapi di daerah tujuan para penumpang pasti melakukan pemeriksaan juga,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pemasangan alat tersebut sebagai tindaklanjut dari instruksi Bupati Karimun. Sehingga disiagakan dua alat Thermal Scanner.

“Dengan demikian, kita telah melakukan pengawasan di dua pintu masuk, yakni kedatangan di Pelabuhan Domstik dan pelabuhan internasional, yang memang kita punya dua unit peralatannya,” tutup Novi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close