TERKINI

Periksa Warga Yang Kontak Erat Dengan Pasien Positif Covid Kini Gunakan Swab Antigen, BTKL PP Batam Masih Antri Lama

RADIOAZAM.ID – Kegiatan tracking menyisir yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, kini dilakukan dengan pemeriksaan swab antigen. Tindakan itu sudah dimulai beberapa hari belakangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan menggunakan swab antigen, sebagai langkah mengurangi penumpukan data hasil tracking kontak erat.

“Memang selama ini kita harus menunggu antrian berhari hari dan memakan waktu cukup lama lebih dari seminggu, karena di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Batam penuh, makanya antri, sehingga kita siasati dengan pemeriksaan antigen sejak beberapa hari ini,” ujar Rahmadi, Rabu (9/6) saat mengikuti tinjauan rombongan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Kabupaten Karimun.

Menurut Rahmadi, langkah tersebut bukan berarti tidak perlu lagi PCR, hanya dialihkan agar tidak terjadi penumpukan. Setelah dilakukan antigen dan menunjukan hasil positif, maka itu sudah mengarah kepada positif Covid.

Setelah dilakukan antigen dan hasilnya positif, nantinya akan tetap dilakukan swab PCR. Sementara bagi antigen yang negatif atau non reaktif, maka dipastikan memang tidak terkonfirmasi.

“Akurasi antigen itu 80 persen sudah mengarah kepada positif Covid-19. Ya memang ada antigen yang positif lalu saat di PCR hasilnya negatif, tapi hanya kesil sekali kemungkinannya. Rata-rata hasilnye pasti tetap positif,” ungkap Rahmadi.

Oleh karena itu kata Rahmadi, diperlukannya antigan agar tidak terjadi resiko penularan yang begitu besar, karena memakan waktu lama jika harus menunggu PCR.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close