KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Perketat Pengawasan Penumpang Yang Tiba di Karimun

Alat Pemeriksaan Corona di Siagakan di Pelabuhan Domestik

RADIOAZAM.ID – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, pihaknya akan segera memasang therma scanner atau alat pemantau suhu tubuh, di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun.

Rencana itu didapati setelah digelarnya rapat lintas instansi, yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Selasa sore (3/3), dengan agenda pembahasan tetnang peningkatan antisipasi masuknya virus corona ke Kabupaten Karimun, yang dihadiri para stakeholder terkait.

“Dari hasil rapat, maka dilakukan peningkatan pengawasan dalam mengantisipasi masuknya corona di Kabupaten Karimun. Salah satunya dengan cara pemasangan thermal scanner, yang akan dilakukan paling lambat dua hari kedepan,” kata Rachmadi.

Rencanya, pemasangan alat tersebut akan dilakukan di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, tepatnya di ruang tunggu penumpang domestik. Setiap penumpang yang baru turun dari kapal, terlebih dahulu akan masuk ke ruang tunggu untuk dilakukan pemeriksaan. Melalui kamera pengawas suhu tubuh.

Thermal Scanner tidak dapat diletakkan di tempat panas, karena ruang yang dingin adanya di ruang tunggu. Maka akan diletakkan di lokasi tersebut yang suhunya memungkinkan.

“Sudah sempat diusulkan untuk ditempatkan di pintu keluar, namun tidak dapat difungsikan, karena alat tersebut sangat sensitif dengan suhu panas, harus di tempat dingin,” katanya.

Selain itu, orang yang melewati alat tersebut juga tidak boleh kepanasan. Untuk mengantisipasi suhu yang akan diperiksa, terlebih dahulu akan didrop ke ruang tunggu.

Sementara untuk di pelabuhan KPK atau Sri Tanjung Gelam, akan dilakukan pemeriksaan penumpang secara manual. Dengan alasan kekurangan peralatan.

“Peralatan yang dimiliki oleh KKP hanya dua unit, sehingga di pelabuhan KPK akan dilakukan pemeriksaan manual. Dengan dibantu oleh tenaga dari dinas Kesehatan,” tambahnya.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak terkejut saat dilakukan pemeriksaan.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close