Breaking News

Polres Karimun Ingatkan Masyarakat Tak Bakar Lahan Saat Musim Kemarau, Bisa di Pidana

0 0

RADIOAZAM.ID – Polres Karimun mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak sembarangan melakukan pembakaran lahan, disaat musim kemarau yang telah berlangsung.

Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Herie Pramono mengatakan, selain kemarau, angin kencang juga saat ini tengah melanda wilayah Kabupaten Karimun dan sekitarnya. Sehingga berpotensi akan menjalar luas jika dilakukan pembakaran.

“Untuk itu, pembukaan lahan atau bersih-bersih kebun tidak harus dibakar,” kata Herie, Senin (22/2).

Dikatakan Heri, pembakaran lahan yang menyebabkan kobaran api meluas bisa dikenakan ancaman pidana, sebagaimana pada pasal 178 KUHPidana.

“Isi dari pasal tersebut adalah, setiap orang dapat terancam pidana, jika merusak lahan atau milik orang lain. Jika membakar lahan dan apinya meluas sampai ke lahan orang lain, kemudian merusak properti, maka itu sudah masuk KUHP,” jelasnya.

Tidak hanya itu, menurut Herie, seseorang bisa terjerat hukum jika melakukan pembakaran sampah. Karena sudah diatur didalam undang-undang mengenai pengelolaan sampah.

“Maka dari itu kami Polres Karimun terus melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat. Baik secara langsung ataupun melalui medsos,” ujarnya.

Dari sosialisasi yang disampaikan, Polres Karimun menyertakan ancaman didalam pasal yang bisa menjerat pelaku pembakaran lahan.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *