KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Polres Karimun Tetapkan Seorang Tersangka Kasus Pembakaran Lahan dan Hutan, Masih Ada 9 Titik Kebakaran Yang Belum Ketemu Pelakunya

RADIOAZAM.ID – Polres Karimun baru menetapkan seorang tersangka dalam satu kasus pembakaran hutan dan lahan, di wilayah Kecamatan Meral Barat, atas nama IS (39).

Aksi pembakaran hutan dan lahan itu dinilai sengaja dilakukan IS, sebagai langkah praktis dalam membersihkan lahan.

Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan mengatakan, luas lahan yang terbakar dari aksi pembakaran yang dilakukan IS mencapai tiga hektare.

“Lahan yang dibakar bukan milik IS, tapi merupakan kawasan hutan dan statusnya juga hutan lindung di kawasan Guntung Punak Kecamatan Meral Barat,” ucap Adenan, Senin (1/3) di Mapolres Karimun.

IS kemudian ditangkap pada Minggu kemarin (28/2), setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam peristiwa kebakaran itu. Sedangkan tindakan membakar lahan dilakukan tersangka pada Sabtu kemarin (27/2).

Dikatakan Adenan, pelaku sengaja membakar lahan untuk keperluan perkebunan. Api dengan cepat merambat saat ia tinggal untuk beristirahat.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, IS dikenakan pasal 78 undang-undang nomor 41 tahun 1999, tentang kehutanan, pasal 108 jo Pasal 69 ayat (1) huruf h undang-undang RI nomor 32 tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau pasal 178 atau pasal 188 KUHpidana. Dengan ancaman 10 tahun penjara.

“Ancaman hukumannya 10 tahun penjara,” kata Adenan.

Sepanjang tahun 2021 ini, Polres Karimun telah mencatat sebanyak 10 kasus kebakaran hutan dan lahan. Satu titik kebakaran sudah diketahui pelaku dan ditetapkan tersangka atas nama IS, dengan titik kebakaran di Guntung Punak Kecamatan Meral Barat.

Dari 10 kasus tersebut, empat titik diantaranya sampai saat ini masih dilakukan pemadaman secara bersama-sama dengan sejumlah instansi dan masyarakat.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close