KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

PT Saipem Bakal Permanenkan Pekerja Rekrutan Baru

Dikabarkan Buka 5000 Lowongan Kerja

RADIOAZAM.ID – Perekrutan tenagakerja di PT Saipem Indonesia Karimun Yard, memang menjadi harapan bagi Bupati Karimun Aunur Rafiq, sehingga dia betul-betul mencari informasi itu terkait adanya proyek yang akan dikerjakan.

Dikatakan Rafiq, perusahaan asal negara Itali itu memastikan bakal merekrut pekerja antara 3000 sampai 5000 orang.

“Tapi kali ini ada yang berbeda dari perekrutan pekerja untuk proyek sebelumnya, bahwa pekerja yang diterima nantinya bakal dijadikan karyawan permanen, dan kalaupun dikontrak paling cepat selama 10 tahun,” kata Rafiq, Minggu (3/11).

Rafiq menjelaskan, kebijakan itu dilakukan manageman PT Saipem karena tidak ingin nama perusahaannya meredup pasca pengurangan pekerja besar-besaran sejak tahun 2017 lalu.

“Mereka pun merasakan bahwa pekerja sudah lebih dari 15.000 orang, tapi begitu pengurangan dan hanya tersisa tidak sampai seribu karywan, langsung down nama mereka sehingga dinilai perlu dijaga dan tidak mau hal itu terulang lagi. Makanya muncul kebijakan akan mempekerjakan paling sebentar 10 tahun, dan kurun waktu itu akan mempermanenkan pekerja yang dinilai layak,” tambah Rafiq.

Dijelaskannya,proyek yang dikerjakan PT Saipem berupa power plant pembangkit listrik tenaga angin, dengan jumlah 88 unit yang bakali dpergunakan di negara eropa.

Sebagai persiapan dalam mengerjakan proyek kincir angin itu, PT Saipem telah meloby pemerintah Kabupaten Karimun, untuk dapat memanfaatkan lahatn kincir anin yang berada di lokasi PT Saipem

“Lahannya 10 hektare persis disamping wilayah PT Saipem, yang diperuntukkan sebagai tempat meletakkan produk kincir angin. Status lahannya jadi pinjam pakai dan telah dilakukan penandatanganan MoU bersama Badan Pengusahaan Kawasan (BP Kawasan),” terangnya.

Rafiq juga menegaskan agar PT Saipem mengutamakan pekerja lokal, dengan presentase 70 persen dari seluruh kebutuhan pekerja.

Mengawali kebutuhan pekerja, PT Saipem juga telah melakukan pemanggilan bekerja kembali, bagi pekerjanya yang pernah di PHK sejak 2017 lalu yang dimasukkan kedalam daftar list. Disamping itu, Rafiq juga berencana akan mengundang Humas PT Saipem untuk berdialog dengan media, sebagai bentuk pengawalan pekerja lokal bagi anak putra daerah.

“Mempekerjakan paling sekejap 10 tahun itu sudah diputuskan dan dipastikan seperti itu, yang dilanjutkan dengan mempermanenkan. Manageman juga tidak mau seperti tahun sebelumnya, makanya dikatakan bakal dijadikan pekerja tetap. Rencana perekrutan 5000 pekerja di PT Saipem akan dilakukan pada Januari atau Februari,” tutup Rafiq.(agn)

Related Articles

6 Comments

      1. maaf pak, kami tidak menerima data titipan yg bapak kirimkan. Karena semua data dilakukan satu pintu di Dinas Ttenagakerja Kabupaten Karimun, yang kemudian akan diteruskan ke PT Saipem.

    1. Nama :Ricat susanto
      Alamat. :karimun
      Email. :ricat151@gmail.com
      Skill. :welder FCAW 3G_4G
      NO HP. :0813 7439 8935

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close