Breaking News

PT Timah Bakal Bangun Tanggul Penahan Abrasi di Pantai Padang Kundur Sepanjang 400 Meter

0 0

RADIOAZAM.ID – PT Timah Tbk akan membangun tanggul penahan abrasi sepanjang 400 meter, di kawasan Pantai Padang Kundur Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat.

Rencana pemasangan tanggul ini, sebagai upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan di wilayah pesisir.

Sehingga dalam rencana tersebut, pihak PT Timah Tbk telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Kundur di Gedung Serbaguna Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Rabu (9/8/2023).

Untuk tahap pertama, PT Timah Tbk akan memasang tanggul penahan abrasi sepanjang 200 meter, di sekitar Pantai Padang Kundur sampai sekitar Pantai Mata Air Desa Kundur.

Pemasangan tanggul penahan abrasi ini juga disambut baik oleh masyarakat. Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dusun 3 Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Rian. Ia mengaku bersyukur dengan adanya rencana pemasangan tanggul penahan abrasi oleh PT Timah Tbk. Sehingga pada saat pasang laut, air tidak masuk ke rumah warga.

“Saya bersama warga setemlat sangat merasa senang dan bersyukur atas rencana kegiatan pemasangan tanggul ini. Setidaknya dapat mengurangi dampak abrasi akibat pasang surut air laut. Kami juga lebih tenang apabila air pasang tinggi, tidak sampai ke rumah,” ucap Rian.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua RT 011, Yanto. Ia mengatakan, lokasi pemasangan tanggul sangat penting, karena jika suatu waktu nanti terjadi abrasi pantai, tidak mengganggu pemukiman warga.

“Saya senang dan bahagia dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh PT Timah. Sehingga dampak abrasi pantai tidak sampai kelokasi pemukiman warga, yang jaraknya sangat dekat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Marhalim, mengaku sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh pihak PT Timah.

“Semoga kegiatan pemasangan tanggul penahan abrasi, dapat memberikan dampak yang positif untuk masyarakat disekitar lokasi,” ucapnya.

Camat Kundur Barat, Yusufian, juga memberikan apresiasi kepada PT Timah Tbk, yang telah mensosialisasikan rencana pembangunan tanggul di Pantai Padang Kundur Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat.

“Dengan kepedulian dari PT Timah Tbk, tentu masyarakat juga dapat mendukung kegiatan yang akan dilakukan perusahaan,” sebut Yusufian.

Dalam sosialisasi tersebut, PT Timah Tbk juga menyampaikan, bahwa manageman perusahaan akan melakukan penanaman mangrove, di sekitar Pantai Teluk Dalam, Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat. Yang juga sebagai upaya melestarikan lingkungan serta menjaga kawasan pantai agar tidak abrasi.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *