KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

PT Timah Tbk Pasang Tanggul Penahan Abrasi di Beberapa Titik Sepanjang 400 Meter, Total Sudah 1760 Meter Tanggul Yang di Bangun di Kundur Barat

RADIOAZAM.ID – PT Timah Tbk peduli terhadap lingkungan, sehingga berencana akan membangun tanggul penahan abrasi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Karimun, dengan total panjang mencapai 400 peter tahun ini.

Dalam rencana pemasangan tanggul 400 meter itu, akan dilakukan oleh Divisi K3LH PT Timah bidang Reklamasi, yang terbagi kedalam tiga titik.

Diantaranya titik pertama berlokasi di Dusun III Mata Air Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, akan pasang penahan abrasi sepanjang 200 meter, titik kedua di Dusun II Desa Gemuh Kecamatan Kundur Barat, dan akan dibangun penahan abrasi sepanjang 100 meter, titik terakhir berada di Pantai Pongkar Desa Pongkar Kecamatan Tebing, dengan panjang yang akan dibangun 100 meter.

Tahapan awal dalam pembangunan tanggul penahan abrasi oleh PT Timah Tbk itu, telah dimulai dengan melakukan sosialisai kepada perwakilan masyarakat, di Gedung Serbaguna Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat pada Rabu kemarin (30/3/2022).

Dari saosialisasi tersebut, mendapat respon yang positif oleh masyarakat. Sebagaimana yang disampaikan oleh salah seorang nelayan Kecamatan Kundur Barat, Saparudin. Dia mengaku menyambut baik dan sangat antusias atas upaya pencegahan abrasi yang dilakukan PT Timah Tbk.

“Kami sangat senang karena PT Timah Tbk akan memasang penahan abrasi di pantai daerah kami. Hal ini memang harus segera dilakukan, karena mengingat setiap tahun garis pantai samakin tergerus abrasi, bahkan tepi rumah masyarakat semakin dekat dengan laut,” ungkap Saparudin dalam sosialisasi tersebut.

Padahal lanjut Saparudin, dulunya jarak antara bibir pantai dengan rumah warga cukup jauh, tapi sekarang sudah tinggal hitungan jengkal saja.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua nelayan Desa Gemuruh Kecamatan Kundur Barat, Idris. Dia mengaku sangat antusias atas rencana yang pemasangan penahan abrasi oleh PT Timah Tbk.

Menurut Idris, tidak hanya sekedar penahan abrasi yang dilakukan, namun efeknya kedepan yang diharapkan tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, yang akan mendapatkan lapangan pekerjaan dalam rencana pembangunan penahan abrasi tersebut.

“Mudah-mudahan tenagakerja yang dibutuhkan bisa dicari dari masyarakat sekitar lokasi. Sehingga secara tidak langsung terciptanya lapangan pekerjaan untuk warga setempat, yang nantinya akan berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Kepala Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, M.Nuru. Ia mengaku sangat mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakat dalam berbagai bidang.

“Mewakili masyarakat Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat khususnya Dusun III Mata Air, saya ucapkan terimakasih kepada pihak PT Timah Tbk, yang akan melakukan pemasangan tanggul penahanan abrasi,” ujar Nuru.

Disebutkan Nuru, abarsi yang terjadi di Dusun III Mata Air Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat dinilai sudah cukup parah. Sehingga memang sangat diperlukan penanganan secepatnya, mengingat cukup banyak masyarakat bermukim di lokasi tersebut.

Kata Nuru lagi, dengan adanya rencana pembangunan penahan abrasi oleh PT Timah Tbk, maka masyarakat bisa lebih tenang dan aman.

Sementara itu, Camat Kundur Barat, Khaidir juga mengapresiasi PT Timah Tbk, yang dinilai konsisten menyalurkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat, khususnya juga kepada warga di Kecamatan Kundur Barat dan masyarakat Kabupaten Karimun pada umumnya.

“Banyak program dari PT Timah Tbk yang langsung menyasar masyarakat bawah, dan dalam hal ini saya sangat mendukung program yang dilaksanakan. Terlebih sekarang akan ada renana pemasangan tanggul penahanan abrasi. Maka dari itu kami selaku Pemerintah Kecamatan Kundur Barat berterimakasih, karena dari apa yang dilakukan akan memberikan dampak positif kepada masyarakat,” kata Khaidir.

Seperti diketahui, PT Timah Tbk telah membangun tanggul penahanan abrasi sepanjang 1760 meter, yang berlokasi di Kecamatan Kundur Barat. Panjang penahan abrasi itu sudah dibangun sejak tahun 2017 hingga tahun 2020.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close