Breaking News

PT Timah Tbk Raih Penghargaan Inovasi Keselamatan Penambangan dari Kementerian ESDM, Sempena Peringatan Bulan K3 Nasional

0 0

RADIOAZM.ID – PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur meraih juara II, dalam ajang Inovasi Keselamatan Pertambangan.

Sehingga berhak mendapatkan penghargaan berupa inovasi keselamatan pertambangan perusahaan komoditas mineral, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan ini diumumkan dalam peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2022, yang dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara, Sunindyo Suryo Herdadi, yang dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Kamis (12/1/2023).

Lomba inovasi keselamatan pertambangan ini, diikuti lebih dari 1633 perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Dari seluruh peserta yang mengikuti lomba tersebut, hanya ada lima perusahaan yang masuk nominasi sebagai pemenang.

Sehingga dalam hal ini, PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur mengusung inovasi keselamatan pertambangan, melalui tema Sistem Informasi Operasi Produksi Laut (SIOPL), untuk Monitoring Kegiatan Penambangan Laut Kapal Isap Produksi.

Tim Unit Produksi Kundur memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, untuk dapat membantu mengurangi angka kecelakaan pada saat penggalian.

Waka Unit Produksi Kundur sekaligus tim dari Inovasi Keselamatan Pertambangan, Anton Saputra menyampaikan, inovasi ini dibuat untuk meminimalisir dampak kecelakaan dari operasi penambangan.

“Pada inovasi keselamatan pertambangan kali ini, melalui SIOPL kita dapat memonitor posisi kapal saat melakukan penggalian, serta mengetahui seperti apa kondisi atau kultur tanah. Sehingga informasi yang di dapat dengan cepat tentu akan memudahkan para crew penambangan, untuk segera mengambil tindakan yang dibutuhkan,” katanya.

Dia menjelaskan, banyak manfaat akan diperoleh melalui SIOPL, yang tentunya mampu mendukung keselamatan dalam penambangan, diantaranya seperti menurunkan intensitas ladder tertimpa atau terjepit material, menurunkan probabilitas resiko kapal karam dan tenggelam, akibat ladder tertimpa atau terjepit material penambangan dan masih banyak lagi.

“Melalui inovasi ini dengan menggunakan jaringan internet, kita dapat memonitor posisi beroperasinya kapal dari jarak jauh, termasuk bisa memantau posisi gali cutter, area penambangan dan data penambangan,” jelas Anton.

Selain itu, dengan inovasi SIOPL juga dapat mengurangi biaya dari dampak terjadinya sebuah kecelakaan kerja.

“Dalam dua tahun berturut PT Timah Tbk berhasil mencatatkan zero fatality, dan terus melakukan transformasi serta inovasi, dalam meningkatkan keselamatan pada proses bisnis perusahaan,” ucapnya mengakhiri.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *