KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Radio Azam di Verifikasi Faktual Oleh Dewan Pers

RADIOAZAM.ID – Dewan Pers melakukan verifikasi faktual kepada Radio Azam 103,5 FM, Rabu pagi (15/6/2022).

Dalam verifikasi faktual tersebut, dilakukan secara online melalui aplikasi google meet. Turut hadir tiga orang komisioner dari Dewan Pers antara lain Agusnia, Winarto dan Edy.

Untuk memperkuat kevalidan segala berkas yang diperiksa oleh tim verifikator, diutus seorang saksi yang di percaya oleh Dewan Pers, dalam hal ini PLT Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Karimun, Muhammad Sarih.

“Pada intinya kami sebagai saksi utusan Dewan Pers menyambut baik verifikasi faktual yang diikuti Radio Azam. Selangkah lebih maju dan ini merupakan satu-satunya radio yang terverifikasi administrasi di Karimun, lalu saat ini melewati tahapan verifikasi faktual,” kata Muhammad Sarih.

Dia menjelaskan, Radio Azam saat ini telah menunjukkan komitmennya sebagai media berkualitas, yang sangat layak untuk diperhitungkan. Karena telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan agar terverifikasi, tentunya dengan menyertakan seluruh berkas yang telah diperiksa oleh Dewan Pers dan diperkuat oleh saksi utusan.

“Profesional menunjukkan kualitas. Semoga kedepan Radio Azam 103,5 FM semakmin sukses dan lebih baik lagi. Dengan ditopang oleh SDM yang kompeten di bidangnya, tentu media ini sangat layak menjadi referensi informasi, hiburan dan edukasi bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Direktur Radio Azam FM 103,5 FM, M Rasyid Nur mengatakan, ini merupakan tahap lebih tinggi karena sebelumnya telah terverifikasi administrasi.

“Jajaran di Radio Azam FM telah memiliki beberapa SDM yang memang memenuhi syarat untuk di verifikasi faktual, mulai dari pemimpin redaksi sampai kepada reporter sudah punya kompetensi. Begitupun berkas-berkas yang diperiksa semuanya real sebagaimana yang telah diperiksa oleh pihak saksi utusan Dewan Pers tadi,” ujar Rasyid.

Dikatakan Rasyid, meskipun Radio dibawah Kementerian Kominfo, namun dalam hal ini akan tetap mengikuti aturan-aturan yang diminta oleh pemerintah agar terverifikasi.

“Dengan adanya verifikasi faktual ini memang begitu adanya, artinya itu yang sebenar-benarnya tidak direkayasa,” ungkapnya.

Rasyid berharap agar agenda yang baru saja dilewati secara daring tersebut, dapat dikabulkan oleh Dewan Pers sehingga Radio Azam 103,5 FM dinyatakan terverifikasi faktual nantinya.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadikan kami terus berinovasi, dan semakin ditunggu serta dicintai oleh masyarakat Kabupaten Karimun, sebagai radio dakwah pendidikan dan informasi. Maka kami ingin tiga hal ini dapat dibuktikan dengan verifikasi faktual yang telah kami lewati, semoga hasilnya sesuai yang diharapkan,” harapnya

Sebagai informasi tambahan lanjut Rasyid, Radio Azam FM 103,5 FM sudah dinyatakan terverifikasi administrasi sejak 30 Desember 2020 lalu oleh Dewan Pers. Sehingga hal itu dapat dikatakan sebagai bukti sebagai satu-satunya radio di Karimun yang terverifikasi.

Pada tahap verifikasi faktual tersebut, turut hadir penanggungjawab radio dalam hal ini pemimpin redaksi Radio Azam 103,5 FM, Khairul Amri bersama para jajaran keredaksian maupun di penyiaran.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close