KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Rafiq Perintahkan RSBT Tambah Tenaga Pemulasaran Jenazah dan Tempat Tidur Pasien Covid

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta kepada Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) merekrut tenaga khusus pemulasaran jenazah, sehingga tidak lagi dilakukan oleh tenaga medis.

“Tingkat kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Karimun mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sehingga perlu koordinasi dengan pihak RSBT terkait pemulasaran jenazah,” ungkap Rafiq, saat meninjau RSBT, Sabtu (24/7).

Saat ini lanjut Rafiq, pemulasaran jenazah tidak lagi terpusat di RSUD Muhammad Sani, karena di RSBT juga sudah dapat melakukan hal tersebut, sehingga jenazah yang meninggal tidak lagi semuanya harus diantar ke rumah sakit milik pemerintah.

“Pemulasaran jenazah sudah bisa dilakukan di RSBT, namun pihak manageman harus melatih tenaga pemulasaran, agar tim medis tidak terganggu lagi dengan urusan jenazah. Maka kita instruksikan agar dapat menambah beberapa orang tenaga khusus yang terlatih,” ujar Rafiq saat meninjau rumah sakit milik swasta tersebut, Sabtu (24/7).

Rafiq pun mengucapkan terimakasih kepada RSBT yang dinilai berperan sangat penting dalam penanganan Covid di kabupaten Karimun. Terlebih lagi saat ini RSBT sudah menyediakan sebanyak 20 tempat tidur. Namun diharapkan agar ada penambahan lagi sekitar 10 sampai 12 tempat tidur.

Menurut Rafiq, tindakan penambahan tenaga pemulasaran jenazah dan penambahan tempat tidur di RSBT sangat diperlukan, agar tenaga medis tidak lagi terganggu dan dapat fokus hanya menangani pasien.

“Saat ini sudah cukup banyak tenaga medis terpapar Covid-19, maka perlu diambil tindakan,” ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki kerabat dirawat serta ada yang meninggal dunia, agar dapat mempercayakan kepada pihak rumah sakit. Jika sudah dinyatakan jenazah terkonfirmasi ataupun terkiat dengan pasien positif Covid-19, hendaknya menyerahkan kepada pihak rumah sakit untuk menanganinya.

“Sehingga tidak membahayakan keluarga yang lain dan tidak terjadi penyebaran lagi,” ungkapnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close