Breaking News

Ribuan Anak Padati Coastal Area, Dalam Agenda Gebyar Transisi PAUD SD Sejalankan Dengan Peringatan HAN

0 0

RADIOAZAM.ID – Ribuan anak padati Coastal Area, dalam kegiatan gebyar transisi PAUD SD, memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Karimun, Minggu (23/7/2023).

Adapun bentuk kegiatannya adalah senam sehat bersama, dilanjutkan dengan permainan tradisional yang dimainkan oleh seluruh anak yang hadir, turut serta diikuti para pejabat mulai dari Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bunda PAUD Kabupaten Karimun Raja Asmah Aunur Rafiq, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Sugianto dan lainnya.

Permainan yang dimainkan mulai dari bakiak papan, bakiak batok kelapa, main karet, congklak, ular tangga dan banyak lagi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kesempatan itu mengatakan, peringatan HAN di Kabupaten Karimun diikuti juga oleh 14 Kecamatan se Kabupaten, dan di Karimun dipusatkan di Coastal Area, sedangkan di pulau-pulau dipusatkan di masing-masing Kecamatan.

“Selama hari anak nasional saya ucapkan kepada seluruh anak. Semoga anak-anak kita menjadi generasi penerus yang cerdas dan berkualitas, serta memiliki iman dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujar Aunur Rafiq.

Pesan yang ingin disampaikan dalam peringatan HAN tersebut menurutnya adalah, bagiamana pemerintah daerah memberikan perlindungan terhadap hak anak di Kabupaten Karimun. Dan sejalan dengan itu diharapkan seluruh masyarakat khususnya pendidik dan orang tua, agar dapat bersama-sama dan berkomitmen, dalam melindungi anak kita serta memberikan hak mereka, untuk hidup bahagia dan ceria, dimanapun mereka berada.

“Oleh karena itu, dalam menghadapi transisi ini kita harus siap, melalui mutu pendidikan yang baik, kemudian sekolah yang memiliki inovasi yang terbaik, agar anak-anak ini pada masa sekolah baik di PAUD maupun di SD, mereka tetap mendapatkan hak nya. Sehingga kualitas mereka juga akan baik,” harap Aunur Rafiq.

Dia juga mengharapkan seluruh sekolah baik negeri maupun swasta, agar dapat berhandengan tangan, dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Karimun.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani yang juga sebagai ketua Himpaudi Kabupaten Karimun mengatakan, perhelatan HAN di Kabupaten Karimun untuk tahun 2023 dinilai sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini luar biasa antusiasnya anak-anak beserta para guru PAUD dan SD, termasuk orang tua wali murid yang tumpah ruah di Coastal Area. Ini membuktikan bahwa sinergita antara guru orang tua dan anak sudah menyatu, dan saling bekerjasama untuk menyukseskan program transisi PAUD ini,” sebut Nyimas Novi.

Selaku anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi mengaku sangat mengapresiasi kinerja pemerintah daerah Kabupaten Karimun melalui dinas atau OPD terkait, yang dapat mensosialisasikan hal itu dengan baik dan mengajak forum SD dan PAUD untuk bekerjasama.

Dalam kesempatan itu Nyimas Novi jiga mengajak para guru agar dapat memahami tingkatan anak-anak setiap fasenya.

“Jiwa kekanak-kanakan anak yang baru lulus PAUD untuk masuk ke SD itu masih tetap ada, mereka masih mau bermain. Disinilah peran guru dalam membentuk karakter anak belajar sambil bermain, kita jangan rampas hak anak, ketika tuntuan mereka harus pintar membaca dan menulis, itu bukan suatu prestasi, justru akan membuat anak jenuh,” katanya.

Maka dari itu, Nyimas Novi menyebutkan, hak anak dalam tubuh kembang anak di usia dini, adalah hak anak untuk bermain, sehingga peran guru dituntuk untuk membentuk karakter anak dalam belajar sambil bermain.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *