Breaking News

Ribuan Santri TPQ se Kecamatan Meral Meriahkan Pawai Pekan Muharam, Dalam Rangka Tahun Baru 1445 Hijriyah

0 0

RADIOAZAM.ID – Ribuan santri TPQ se Kecamatan Meral mengikuti pawai pekan muharam dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam 1445 Hijriyah, di lapangan sepak bola Parit Rengas Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral, Rabu (19/7/2023).

Pawai pekan muharam itu digelar Badan Pengurus Musyawarah Guru TPQ (BMPG) Kecamatan Meral Itu, dilepas oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama beberapa anggota DPRD Kabupaten Karimun dari Dapil IV.

“Pawai pekan muharam yang diikuti TPQ se Kecamatan Meral ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, yang juga merupakan konseop atau program dari BMPG Kabupaten Karimun. Dimana ini merupakan momen untuk mengambil hikmah agar para generasi muda penerus, lebih mengenal dan mencintai ajaran atau keghiatan yang berkaitan dengan keagamaan,” kata Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim mengucapkan terimakasih kepada BMPG Kecamatan Meral dan seluruh guru TPQ, yang telah memberikan kontribusi besar dalam mendidik anak-anak dibidang keagamaan.

“Semoga apa yang dilakukan mendapat imbalan dan sebagai ibadah disisi Allah SWT,” harap Anwar Hasyim.

Dia juga berharap, ditahun baru Islam 1445 Hijriyah ini agar dapat dijadikan sebagai motivasi, peningkatan ketakwaan kepada Allah SWT melalui hablunminallah hablun minannas. Sehingga ada peningkatan ibadah.

“Tahun baru Islam 1445 Hijriyah ini agar dapat dijadikan sebagai evaluasi ditahun sebelumnya. Kalau belum sempurna ya kita maksimalkan,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Muslimat Nahdatul Ulama (Muslimat NU) Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani yang juga sebagai Ketua Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Karimun, mengatakan, perayaan tahun baru Islam 1445 Hijriyah yang diisi dengan pawai kekan muharam, merupakan momen penting yang harus dikedepankan.

Peserta pawai pekan muharam dalam rangka tahun baru Islam 1445 Hijriyah di Lapangan Sepak Bola Parit Rengas Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral, Rabu (19/7/2023)

Dimana menurutnya, pemerintah Kabupaten Karimun harus mengakomodir dan menangkal isu-isu radikalisme, yang menjadi harapan dari masyarakat agar hal tersebut dapat dibasmi.

“Mudah-mudahan tahun ini kita mendapat berkah dan segala doa diijabah. Tentunya momentum tahun baru iuni kita harus introspeksi diri lagi. Dengan mengarahkan anak-anak untuk berakhlakul karimah, disamping tetap mengajarkan generasi penerus dalam hafalan Al-Quran, namun tak kalah pentingnya adalah adab,” ucap Nyimas Novi.

Maka dari itu, Nyimas Novi berpesan agar seluruh TPQ mengajarkan akhlakul karimah kepada anak-anak. Karena, seandainya ilmu yang dimiliki namun tidak punya adab, maka tertutuplah ilmunya. Namun meski belum memiliki ilmu yang memadai, tapi akan tertutup dengan adab atau akhlakul karimah.

“Jadi cita-cita kita adalah mencetak generasi penerus yang berakhlakul karimah yang baik, dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan,” katanya lagi.

Dalam mencetak generasi penerus yang berakhlakul karimah, Nyimas Novi menitikberatkan hal itu sebagai sebuah tanggungjawab para orang tua dan tenaga pendidik. Yang didukung oleh pemerintah melalui program di lapangan.

“Memang perkara adab ini mudah tapi sulit, orang atau kita bisa melakukannya, tapi perhatian dari orang tua itu nomor satu. Sehebat apapun guru di sekolah namun setelah kembali kerumah, maka orang tua yang mengambil peran,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, turut serta dibagikan kupon undian doorprize, karena panitia menyediakan ratusan hadiah menarik. Termasuk uang tunai yang disediakan tokoh masyarakat, Sabari Basirun yang juga sebagai Wakil Ketu Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun, beserta istrinya, Nyimas Novi Ujiani.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *