KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Saksi Bersinar Sebut Bakal Gugat Hasil Pleno KPU Karimun ke MK

RADIOAZAM.ID – Saksi dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah Anwar Abubakar (Bersinar) tidak menerima hasil pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, sehingga akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Rencana gugatan itu disampaikan langusng oleh saksi paslon nomor urut 2, Ginastra usai tahapan pleno KPU di lantai 7 Hotel Aston Karimun, Rabu malam (16/12), yang disampaikannya melalui sebuah pantun.

“Saya akan sampaikan sebuah pantun, burung kenek-kenek hinggap di muka, pesan datuk nenek kami harus pergi ke MK,” kata Ginastra dalam penyampaiannya.

Yang jadi pertimbangan Ginastra untuk melakukan gugatan ke MK adalah, selisih suara yang terjadi antara pasangan 01 dan 02. Namun dia tidak menjelaskan selisih yang dimaksud.

Dalam kesempatan itu, Ginastra juga menyampaikan 13 poin kepada KPU Kabupaten Karimun, yang isinya mengenai keberatan hasil rekapitulasi Pilkada Kabupaten Karimun.

Poin keberatan itu langsung diserahkan kepada KPU Kabupaten Karimun dihadapan para komisioner KPU lainnya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menyebutkan, keberatan yang disampaikan saksi paslon nomor urut 2 memiliki regulasi, dengan menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Hasil pleno telah disetujui oleh Bawaslu Kabupaten Karimun. Kalau saksi paslon nomor 2 tidak setuju dan tidak mau tandatangani, tidak masalah. Dan keberatan memang ada regulasinya, diperbolehkan undang-undang, silahkan sampaikan keberatan untuk melakukan gugatan ke MK,” kata Eko.

Seperti diketahui, perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 1, Aunur Rafiq Anwar Hasyim (Arah) lebih unggul dengan mendapatkan 54.519 suara. Jumlah tersebut lebih besar dibanding hasil suara dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah Anwar Abubakar, yang memperoleh 54.433 suara. Dari perolehan suara kedua paslon itu, terjadi selisih 86 suara dalam kemenangan yang didapat pasangan Arah.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close