KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Satpolair Polres Karimun Sambangi Warga di Perbatasan Negara Pulau Karimun Anak

RADIOAZAM.ID – Jajaran Satpolairud Polres Karimun melaksanakan giat sambang nusa kepada warga pulau terluar, tepatnya di Pulau Karimun Anak Kabupaten Karimun, Jumat (29/4/2022).

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano melalui Kasatpolair Polres Karimun, AKP Binsar mengatakan, kegiatan tersebut digelar bekerjasama dengan KP Tekukur yang merupakan kapal Baharkam BKO Kepri, sehingga lokasi yang dilakukan sambang nusa merupakan rute dari kapal tersebut, dengan tujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tetap untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dimana Pulau Karimun Anak termasuk pulau terluar Indonesia, yang berbatasan langsung dengan perairan perbatasan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sehingga dalam kegiatan sambang nusa dilakukan pemasangan bendera merah putih,” ujar Binsar.

Maksud dan tujuan dari kegiatan sambang nusa di pulau terluar tersebut menurut Binsar adalah, dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), khususnya di wilayah pulau terluar Pulau Karimun Anak.

“Kegiatan sambang nusa program yang dilaksanakan oleh Polairud di jajaran Polda Kepri, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap warga, khususnya yang berada di perbatasan dengan negara luar,” kata Binsar.

Dalam kegiatan sambang nusa tersebut, disejalankan dengan bagi-bagi puluhan paket sembako, alat kesehatan termasuk dialamnya berupa pembagian hand sanitizer, masker dan sebagianya, serta ringbuoy atau pelampung dari Baharkam Polri melalui KP Tekukur yang dipimpin oleh AKP Verdinand Manurung.

Dikatakan Binsar, kegiatan polmas sambang nusa juga telah dilaksanakan oleh Polairud Polres Karimun di beberapa tempat, mulai dari wilayah pesisir maupun di tengah laut, dengan memberikan pelayanan kepada para ABK Kapal.

“Satpolairud Polres Karimun akan selalu melaksanakan kegiatan polmas sambang nusa, dipulau maupun di pesisir pantai dengan tempat dan waktu yang berbeda pula,” ungkap Binsar.

Kedepannya kata Binsar, Polres Karimun akan tetap melakukan kegiatan yang sama sambang nusa di wilayah Kabupaten Karimun, guna membantu masyarakat dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karimun, dan organisasi masyarakat lainnya yang bersedia untuk membantu.

Sementara itu, salah seorang warga yang bermukim di Pulau Karimun Anak bernama Abu mengatakan, kegiatan sambang nusa yang digelar di pulau terluar dalam hal ini Pulau Karimun Anak sangat disambut baik oleh masyarakat setempat.

“Di Pulau Karimun Anak ini terdapat 14 Kepala Keluarga, dengan jumlah jiwa kurang lebih 100 orang. Kami semua menyatakan siap menjaga NKRI dari segala bentuk radikalisme. Serta menolak segala bentuk ormas anti pancasila,” ungkapnya.

Keberadaan Satpolair Polres Karimun di Pulau Karimun anak bagi Abu dan 100 an jiwa di pulau tersebut, tentunya sudah tidak asing lagi. Karena aparat dari Polres Karimun kerap menggelar kegiatan atau sekdar menyambangi mereka yang bermukim di pulau perbatasan negara tersebut.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close