KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Satu Warga Ungar Yang Dikabarkan Terkonfimasi Covid Baru Diperiksa Antigen, Tim Medis Sebut Sudah 80 Persen Mengarah Positif

44 Orang Keluarga Terdekat Tes Swab dan Rapid Anti Body

RADIOAZAM.ID – Seorang pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 di Kecamatan Ungar, baru 80 persen dipastikan mengarah ke positif Covid, hal itu berdasarkan pemeriksaan antigen dan dipastikan memang hasilnya reaktif.

Camat Ungar, Suzandra menjelaskan, warga yang sempat disebut sebagai pasien positif Covid, masih menunggu hasil swab yang baru bisa diketahui sekitar empat atau lima hari lagi.

“Tapi berdasarkan koordinasi dengan medis Puskesmas Ungar. Memang hasil pemeriksaan antigennya itu sudah mengarah 80 persen ke positif. Artinya, meskipun baru hasil antigen yang didapat, harus tetap menggunakan cara protokol kesehatan Covid dan tidak bisa dianggap remeh,” jelas Suzandra, Kamis (6/5).

Atas hasil pemeriksaan antigen seorang warga yang suspect tersebut, maka didapati sebanyak 22 orang dilakukan pemeriksaan swab, selain itu juga ada 22 orang lainnya dilakukan pemeriksaan rapid anti body.

“Dari rapid anti body ini hasilnya satu orang rekatif, dan 21 orang lagi non reaktif. Kalau yang swab kita masih menunggu hasilnya beberapa hari kedepan. Mereka yang diperiksa kondisi kesehatannya ini adalah orang yang sempat kontak erat dengan pasien yang suspect dari hasil antigen,” tambah Suzandra.

Meskipun baru didapat hasil pemeriksaan antigen, namun masyarakat diminta untuk harus waspada dan wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Wajib terapkan protokol kesehatan, karena sebagaimana dari keterangan medis bahwa antigen itu sudah mengarah 80 persen. Tidak ada salahnya kalau kita antisipasi. Hanya saja masyarakat jangan panik, yang penting tetap disiplin protokol kesehatan, dan tetap rangkul masyarakat agar silaturahmi tetap terjaga,” jelasnya.

Untuk itu dia menghimbau, agar pihak yang diperiksa kesehatannya karena sempat kontak dengan suspect, agar tetap berdiam diri dirumah atau isolasi mandiri dan tidak melakukan aktitifas apapun keluar rumah. Sebagaimana SOP yang diharuskan sampai menunggu hasil pemeriksaan keluar.

Selain itu, Suzandra juga mengklarifikasi mengenai kabar kedatangan pasien suspect yang datang dari Lingga tidak benar, melainkan suami suspect yang baru tiba dari Lingga dan hasil pemeriksaan terhadap suaminya adalah negatif.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu orang warga Pulau Ungar Kecamatan Ungar dinyatakan positif Covid-19 (yang benar adalah suspetc dari hasil antigen dan 80 persen mengarah positif Covid). Warga tersebut baru dikabarkan pulang dari menjenguk suaminya di Dabo – Kabupaten Lingga. Namun setelah dua hari tiba di Ungar, ternyata pada hari Selasa (4/5) dia dinyatakan positif.

Pasien tersebut merupakan seorang wanita, dia dijemput petugas berpakaian alat pelindung diri (APD)lengkap, didampingi aparat kepolisian. Dengan menggunakan bot pancung lalu dibawa ke RSUD Tanjungbatu untuk di karantina khusus.

Camat Ungar, Suzandra ketika dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan bahwa memang benar didapati seorang warga Kecamatan Ungar positif Covid-19.

“Ini kasus baru setelah lama tidak ada positif Covid di Kecamatan Ungar,” ungkap Suzandra, Selasa malam (4/5).

Disinggung saat berangkat dari Lingga apakah tidak berbekal surat kesehatan saat menuju kampung halaman, Suzandra memastikan pasien tersebut tetap mengantongi surat sehat dan telah menaati persyaratan protokol kesehatan.

“Besok semua anggota keluarganya akan di swab. Saya juga sudah minta kepada pihak Puskesmas Kecamatan Ungar untuk meminta detail data riwayat perjalanan dia. Untuk mengetahui siapa-siapa saja yang kita perlu waspadai dan harus ditangani medis,” jelas Suzandra lagi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close