KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

SDIT Darul Mukmin Jadi Titik Lokasi Peringatan HKGN, 2000 Siswa SD di Karimun Sikat Gigi Bersama

RADIOAZAM.ID – 2000 anak Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan sikat gigi bersama, sempena hari kesehatan gigi nasional, yang dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq di dan dipusatkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Mukmin, Senin (12/9/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak para siswa berinteraksi, dengan memberikan beberapa kuis pertanyaan dan diberikan hadiah bagi yang bisa menjawab. Dilanjutkan dengan menekan tombol sirene dimulainya kegiatan hari kesehatan gigi nasional, dilanjutkan dengan meninjau siswa siswi yang menyikat gigi, diakhiri dengan pengecekan kesehatan gigi anak.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, yang bertujuan untuk memotivasi anak-anak SD, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rajin menyikat gigi.

“Ini merupakan kegiatan secara nasional dan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, yang melibatkan 500.000 anak termasuk di Kabupaten Karimun. Kegiatan ini juga merupakan program dalam memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan dilakukan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI),” ujar Rafiq.

Atas nama Pemkab Karimun, Rafiq mengapresiasi kegiatan yang digelar PDGI Kabupaten Karimun, dengan harapan semoga anak-anak di Kabupaten Karimun termotivasi untuk terbiasa hidup sehat, salah satunya dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut melalui sikat gigi dua kali sehari.

“Disamping itu memeriksa gigi ke dokter setiap enam bulan sekali. Mudah-mudahan anak-anak dan orang tua termotivasi melalui kegaitan ini. Dalam kegiatan ini, PDGI Kabupaten Karimun ikut ambil bagian sehingga para pelajar sangat antusias untuk sama-sama sikat gigi,” katanya.

Sementara itu, Pengurus PDGI Cabang Kabupaten Karimun melalui Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran Gigi, Soerjadi mengatakan, kegiatan tersebut adalah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) secara serentak di seluruh Indonesia, yang telah di launching pukul 09.00 WIB.

“Untuk di Karimun melibatkan 2000 anak, kita sikat gigi bersama dan serentak dengan Menteri Kesehatan di Gelora Bungkarno (GBK), diikuti juga oleh 500.000 anak seluruh Indonesia sehingga memecahkan rekor MURI,” ujar Soerjadi.

Dalam melibatkan 2000 anak di Karimun, PDGI menggandeng enam sekolah dan dipusatkan di tiga titik, yakni di SDIT Darul Mukmin, SDIT Cendikia dan SD Negeri 007 Tebing.

Soerjadi mengatakan, tujuan dari peringatan HKGN adalah untuk mencapai Indonesia bebas varies atau kerusakan gigi ditahun 2030. Karena masih banyak ditemukan dalam preaktek sehari-hari, anak-anak yang masih rawan dengan kerusakan gigi.

“Padahal kerusakan gigi bisa dicegah dengan sederhana, yakni menyikat gigi secara rutin. Jadi kami dari PDGI mempunyai cita-cita atau target, untuk mencapai Indonesia bebas varies tahun 2030. Harapan dari kegiatan ini supaya anak-anak bisa menjaga kesehatan giginya dengan baik,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close