Breaking News

Sejarah Berdirinya Karimun Dimasa Kerajaan Riau Lingga Dibedah

0 0

RADIOAZAM.ID – Sejarah berdirinya pemerintahan Kabupaten Karimun kembali dibahas dalam sebuah seminar, yang diprakarsai oleh Aliansi Budak Balai Bersatu, Minggu (2/10/2022) di Gedung Nasional.

Seminar dalam menentukan tahun bermulanya pemerintahan Karimun sejak dahulu itu, dimaksudkan untuk memastikan sudah berusia berapa lama, dengan bertolak belakang dari kerajaan Melayu Riau Lingga, yang didalamnya Karimun pun masih satu wilayah. Lalu melihat usia Kota Batam sudah ratusan tahun dan Tanjungpinang.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam membuka seminar tersebut mengatakan, seminar tersebut adalah dalam rangkaian bermulanya penadbiran atau pemerintahan Karimun pada zaman kerajaan Riau Lingga. Dimana dalam seminar yang digelar itu merupakan gagasan dari para tokoh-tokoh muda dan bergabung didalam berbagai organisasi. Mereka menamakan Aliansi Budak Balai.

“Sebenarnya Karmun saat ini memang berusia 23 tahun, tapi melihat usia latar belakang sejarah, bahwa ada situs situs dan tulisan sejarah bahwa penadbiran Karimun sudah ada beberapa ratus tahun yang lalu, dengan adanya Amir disini, dimasa pemerintahan kerajaan Riau Lingga,” ujar Rafiq.

Sehingga sejarah tersebut dibedah untuk menggali sejarah penetapan penadbiran atau pemerintahan Karimun, dengan menghadirkan tokoh masyarakat Karimun, Raja Sirwansyah sebagai pemateri.

“Makanya hari ini kita undang para narasumber para panelis dan juga moderator yang cukup dikenal di Kepri ini, para pakar sejarah, para zuriat dari zaman Kerajan Melau Riau Lingga. Tentunya akan memberikan masukan yang sangat berrarti, mudah-mudahan hari ini akan ditentukan penadbiran Karimun yang artinya hari pemerintahan Karimun pertama. Sehingga jadi sejarah bagi kita semua,” katanya.

Untuk Kabupaten Karimun sendiri, disebutkan bahwa telah berdiri sejak tahun 1999, berdasarkan undang-undang nomor 53, yang pada saat itu ada beberapa Kabupaten Kota disahkan jadi Kabupaten, secara legalitas formal dari undang-undang pemerintah.

“Tapi dari pelaku sejarah tentu ini harus digali. Contoh Kota Batam dan Kota Tanjungpinang sudah beberapa ratus tahun yang lalu. Maka dalam hal ini berdasarkan sejarah, kita merupakan bagaian dari Kerajaan Melayu Riau Lingga, ditandai adanya amir dimasa lalu disini, kemudian ada kewedanaan disini, sampai lah hari ini sejak menjadi Kabupaten, tidak ada salahnya kita menggali sebuah sejarah, mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal untuk anak cucu kita, bahwa Karimun ini kapan sebenarnya berdiri,” ungkap Rafiq lagi.

Dengan ditetapkannya penadbiran atau pemerintahan Karimun, Rafiq memastikan tidak ada perubahan umur Kabupaten Karimun, karena berdasarkan undang-undang nomor 53 tahun 1999. Sedangkan seminar dalam penetapan sejarah itu adalah, untuk menentukan usia keberadaan Karimun dimulai zaman kerajaan terdahulu, yang sama seperti Kota Batam, Kota Tanjungpinang sudah berusia ratusan tahun.

“Artinya kita tidak merubah penetapan berdasarkan undang-undang, hanya mengulas sejarah untuk menetapkan, kapan penadbiran Karimun ini mulai berdiri,” terangnya.

Dalam seminar itu hadir Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri, Abdul Razak yang memukul gong, tanda dimulainya seminar penadbiran Karimun, beserta beberapa pejabat lainnya.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *