KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Sekda Kepri Akan Bentuk Satgas Pencegahan Penyakit Hewan Ternak, Antisipasi Kebutuhan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

RADIOAZAM.ID – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara mengatakan, Pemprov Kepri akan membentuk Satgas pencegahan dan pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Satgas ini dibentuk untuk menyederhanakan birokrasi lintas organisasi perangkat daerah, dalam penanganan PMK bagi hewan ternak di Kepri,” kata Adi dalam memimpin rapat koordinasi terkait wabah PMK yang jadi pendemi bagi ternak, di ruang rapat Sekda Lantai III Kantor Gubernur Kepri, Dompak Tanjungpinang, Rabu (25/5/2022).

Dikatakan Adi, rakor tersebut juga untuk menjalankan perintah dari Kementerian Pertanian, dan Instruksi Presiden RI Joko Widodo, terkait dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjadi pandemi bagi ternak berkuku.

“Tentunya kita harus memikirkan dan memberikan langkah yang terbaik, karena saat yang bersamaan daerah kita memerlukan hewan kurban, untuk persiapan Idul Adha 1443 H yang akan datang,” jelas Adi.

Dalam kesempatan itu Adi mengimbau, agar masyarakat tidak khawatir dalam menyikapi penemuan kasus PMK pada hewan ternak di Kepri.

“Penyakit mulut dan kuku dari sapi ini tidak menular. Dagingnya masih aman dikonsumsi apabila dipisahkan dari organ tubuh yang terkena PMK, kemudian ditangani dengan benar dan diproses dengan baik, sesuai standar operasional prosedur (SOP),” imbuh Adi.

Dia juga memerintahkan kepada masing-masing Kabupaten dan Kota di seluruh jajarannya, untuk siap siaga terkait dengan kesiapan menjelang Idul Adha 1443 H, maupun dalam rangka mengantisipasi merebaknya PMK di Kepri.

“Tugas Satgas ini adalah untuk mengawasi jalur lalu lintas hewan ternak yang masuk ke wilayah Kepri, disamping itu juga membantu didalam konsep memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha 1443 H,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close