Breaking News

Seluruh Siswa di Karimun Masuk Sekolah Pada 13 Juli

0 0

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun kembali memperpanjang jadwal belajar dirumah, bagi seluruh siswa semua jenjang pendidikan. Dan dijadwalkan masuk sekolah pada 13 Juli mendatang.

“Perpanjangan jadwal belajar dirumah ini juga membatalkan informasi sebelumnya, yang sempat dinyatakan bahwa siswa mulai masuk belajar pada 15 Juni ini ditiadakan,” ungkap Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Jumat (12/6).

Disebutkan Anwar, keputusan memperpanjang kembali belajar dirumah bagi seluruh siswa, setelah dia memimpin pertemuan antar Kepala Sekolah, pengawas sekolah atau penilik, pengurus K3S Sekolah Dasar (SD), Pengurus MKKS Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ketua Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), dan paguyuban orang tua siswa, Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) Kabupaten Karimun, dalam agenda rapat penyampaian rekomendasi oleh pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karimun, yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun pada Selasa kemarin (9/6).

Disebutkannya, setelah disepakati dan dikeluarkan rekomendasi perpanjangan jadwal belajar dirumah bagi seluruh siswa, barulah keluar surat edaran (SE) yang ditandatangani oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq nomor 420/DISDIK.SEKR/VI/605/2020 tertanggal 10 Juni, tentang perubahan surat edaran Bupati Karimun nomor 420/DISDIK.SEKR/V/534/2020, mengenai pelaksanaan proses kegaitan belajar menagjar, pada satuan pendidikan dalam rangka pencegahan penyebaran coroan virus disease 2019 (covid-19) di Kabupaten Karimun.

Didalam SK tersebut dijelaskan bahwa, kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) bagi peserta didik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sederajat, Sekolah Dasar (SD) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, termasuk juga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Lembaga Kursus, akan kembali diperpanjang mulai 15 Juni sampai 12 Juli 2020.

Namun telah ditentukan beberapa agenda yang disusun, diantaranya tanggal 15 sampai 26 Juni merupakan jadwal penilaian akhir smester genap, melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dan atau luar jaringan (luring), yang menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan pengolahan nilai, kemudian pada 27 Juni akan dilakukan penyerahan rapor secara serentak, terhitung 29 Juni sampai 11 Juli seluruh siswa akan melewati jadwal libur smester genap tahun pelajaran 2019-2020.

Kemudian, pada 29 Juni sampai 8 Juli mendatang akan dilakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dengan cincian jadwal yakni, 29 Juni sampai 3 Juli pendafataran siswa baru, 4 Juli akan diumumkan serentak, dan 6 Juli sampai 8 Juli merupakan jadwal pendaftaran ulang.

Ketika akan dimulai tatap muka langsung saat jadwal belajar disekolah seperti biasa pada 13 Juli mendatang, maka akan diataur kemudian bila telah ditetapkan kebijakan baru oleh pemerintah, yang menyatakan keadaan sudah aman dan menyesuaikan dengan perkembangan status wilayah penyebaran covid-19.

“Saat satuan pendidikan kembali melakukan tatap muka langsung di kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), maka wajib dipastikan terpenuhinya tujuan pendidikan dimasa pandemi covid-19. Mulai dari memastikan pemenuhan hak seluruh peserta didik, untuk mendapatkan askes pendidikan yang berkualitas. Kemudian melindungi seluruh warga satuan pendidikan, dan mencegah penyebaran atau penularan covid-19 di lingkungan satuan pendidikan, dengan berpedoman pada protokol kesehatan covid-19,” pesan Anwar.

Secara teknis, panduan atau standar operasional prosedur KBM, saat satuan pendidiakn kembali melakukan tatap muka lansgung dikelas pada masa pandemi covid-19, maka akan diatur kemudian dan disampaikan oleh Dinas Pendidikan kabupaten Karimun serta Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Adapun proses pelaksanaan penilaian akhir smester, penyerahan rapor dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sksn disampaikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Anwar menyebutkan, seluruh guru dan tenaga kependidikan wajib hadir ke sekolah atau madrasah setiap hari kerja, dengan menyesuaikan kalender pendidikan untuk melaksanakan tugas. Kewajibannya dan administrasi pembelajaran penilaian akhir smester dan tugas-tugas lainnya, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan covid-19

“Ketentuan belajar dari rumah akan ditinjau kembali nantinya, menyesuaikan dengan ditetapkannya kebijakan baru oleh pemerintah,” tutup Anwar.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *