Breaking News

Sempat Terbengkalai Bertahun-Tahun, Gedung KECC Direnovasi dan Dianggarkan Rp18 M Untuk Mal Pelayanan Publik

1 0

RADIOAZAM.ID – Setelah terbengkalai bertahu-tahun lamanya sejak dibangun tahun 2011 silam, Gedung Karimun Exhibition Convention Center (KECC) kembali dilanjutkan namun berubah peruntukan.

Bangunan yang terletak di samping Hall B Coastal Area itu sejatinya untuk pengganti Gedung Nasional, dan menjadi lokasi kegiatan-kegiatan berlangsung. Namun kini berubah menjadi Mall Pelayanan Publik, setelah kembali dianggarkan kelanjutan pembangunannya berupa renovasi Gedung KECC, yang diresmikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Rahmad Gobel, Minggu (16/10/2022).

“Anggaran untuk renovasi gedung KECC ini sebesar Rp18 Miliar,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Menurutnya, renovasi gedung KECC tersebut merupakan salah satu proyek strategis di Kabupaten Karimun. Karena sebagaimana instruksi Presiden RI Joko Widodo, bahwa setiap daerah harus memiliki mall pelayanan publik.

Rafiq mengatakan, mall pelayanan publik tersebut nantinya akan mempermudah masyarakat, dalam hal memperoleh pelayanan administrasi, termasuk juga kaitannya dibidang investasi di Karimun jadi lebih mudah.

Sejalan dengan itu, Rafiq juga menuturkan renovasi gedung KECC termasuk didalam proyek yang akan dirampungkannya sampai masa kepemimpinannya berakhir periode ini. Bersamaan dengan itu ada beberapa proyek lainnya yang turut dirancang dan dibangun mulai tahun ini.

Beberapa proyek lain yang dimaksud antara lain, pembangunan gedung Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dengan nilai anggaran Rp7 Miliar.

Selanjutnya, pembangunan Gerbang Daun Sirih yang berlokasi di pinggir Coastal Area kawasan
masuk jalur burung merpati, yang dianggarkan senilai Rp5 Miliar. Gerbang ini akan menjadi ikon baru di Karimun.

Sedangkan pada bidang ekonomi, Rafiq mengaku saat ini sedang memperbaiki infrastruktur di Pasar Malam, mulai dari atap, penggalian drainase, dan sebagainya. Serta pembangunan pusat kuliner di Costal Area, dan renovasi Gedung Kantor Bupati.

“Pembangunan ini akan terus kita kejar, menjelang masa jabatan saya sebagai Bupati berakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel mengaku sangat merespon positif rencana Pemkab Karimun yang dipaparkan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. Yang dinilai punya potensi berkembang menyaingi Kota Batam.

“Kabupaten Karimun akan bisa tumbuh dengan cepat seperti Kota Batam, tentunya diperlukan sinergutas antar daerah, agar dapat terus bergerak,” kata Rahmat Gobel.

Dengan demikian menurutnya, akan memiliki nilai tambah atas rencana pembangunan yang sudah dimulai tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rahmad Gobel juga menyempatkan diri menekan tombol tanda dimulainye renovasi gedung KECC, didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Walikota Batam Muhammad Rudi. Dilanjutkan dengan penanaman mangrove di samping proyek renovasi.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *